Komparasi Eksterior Kiger Lawan Raize, Siapa Paling Keren?

Kompas.com - 15/09/2021, 16:21 WIB
SUV Kompak Renault Kiger SUV Kompak Renault Kiger

JAKARTA, KOMPAS.com – Maxindo Renault Indonesia (MRI) belum lama ini meluncurkan mobil baru, yaitu Kiger. Mobil yang diboyong dari India ini dibanderol Rp 278 juta OTR DKI Jakarta, namun ada harga khusus hanya di bulan September 2021 menjadi Rp 275,9 juta.

Jika melihat harganya, RP 270 jutaan ada satu mobil yang bisa diadu, yaitu Toyota Raize dengan mesin 1.0 L Turbo varian GR Sport dengan Toyota Safety Sense (TSS). Untuk model dengan warna single tone, Raize 1,0 L Turbo GR Sport CVT TSS dibanderol Rp 278,8 juta.

Pada tulisan ini, akan dibahas bagian eksterior dari kedua mobil. Dengan Rp 270 jutaan, siapa mobil dengan tampilan paling keren, Kiger atau Raize?

Baca juga: Toyota Corolla Cross JDM meluncur, Harga Mulai Rp 250 Jutaan

Toyota Raize GR Sport Single ToneTOYOTA.ASTRA.CO.ID Toyota Raize GR Sport Single Tone

Membahas bagian depannya, kedua mobil punya tampilan yang sporty dan garang. Kiger sebenarnya punya desain lampu menumpuk yang membuatnya terlihat lebih futuristis, apalagi dengan DRL LED yang sipit dan sejajar dengan gril.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan di bagian lampu utama, Kiger membuat tampilannya menyerupai tiga proyektor, padahal hanya memakai reflektor LED biasa.

Desain yang unik ini membuat Kiger terlihat berbeda di jalanan, bahkan bisa menarik perhatian orang.

Sedangkan Raize, punya desain yang lebih simpel, tidak banyak desain-desain futuristis namun tetap modern.

Lampu depan sudah memakai reflektor LED dan DRL di bagian bawah, bahkan untuk lampu seinnya memakai model sequential yang mengalir dari dalam ke luar.

Baca juga: Benelli Tornado 252R, Lawan Baru Ninja 250 dan CBR250RR

SUV Kompak Renault Kiger SUV Kompak Renault Kiger

Beralih ke bagian samping, Kiger punya kelebihan pada ground clearance yang 5 mm lebih tinggi dari Raize, yaitu 205 mm. Namun Raize punya pelek yang lebih besar ukurannya, yaitu 17 inci single tone, sedangkan Kiger hanya 16 inci namun dual tone, hitam dan silver.

Lihat dari bagian samping, Kiger seperti punya desain dengan banyak tarikan garis, ditambah dengan kelir dual tone, membuatnya terlihat sporty. Sedangkan Raize yang saat ini dibahas, hanya single tone, jika mau cat dual tone, harus tambah lagi sekitar Rp 3 juta.

Desain samping Raize juga sederhana, tidak banyak tarikan garis yang nyeleneh. Namun seluruh bagian body dari Raize GR Sport ini sudah ditambah add-on body kit serta stiker bertuliskan GR Sport di bagian samping.

Lampu belakang Raize GR SportTOYOTA.ASTRA.CO.ID Lampu belakang Raize GR Sport

Membahas bagian belakang, kedua mobil ini sudah menggunakan lampu malam LED. Untuk Raize, memakai LED bar, sedangkan Kiger bentuknya seperti huruf C. Sedangkan untuk lampu lainnya, seperti sein dan mundur, masih memakai bohlam.

Soal desain buritan, Kiger punya tampilan yang terlihat tinggi, sangat mencirikan SUV ditambah skid plate berwarna silver. Sedangkan Raize lebih simpel, tidak macam-macam, bahkan untuk varian single tone terlihat polos dengan satu warna saja.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.