Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setir Terkunci dan Kunci Kontak Tidak Bisa Diputar, Jangan Panik!

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pemilik mobil pertama di Indonesia masih belum mengenal betul kendaraannya. Salah satunya, pernah merasakan setir tidak dapat diputar atau mengunci. Begitu pula dengan kunci kontak yang tidak dapat diputar.

Tak sedikit yang panik dan tidak paham bagaimana mengatasinnya. Padahal, kondisi itu terjadi karena memang menjadi sistem keamanan standar yang hampir ada pada setir mobil.

"Itu sebenarnya fitur keamanan dari mobil sendiri, steering lock. Jadi kalau mesin mati dan kunci di cabut, setir akan mengunci," kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Saat kunci kontak dicabut, setir mobil masih bisa diputar ke kanan atau ke kiri sekitar 50 derajat, lalu setir otomatis akan terkunci. Dalam kondisi setir terkunci, jika kunci kontak dimasukkan, maka tidak akan bisa diputar.

"Tidak usah panik, itu cukup dimasukin kuncinya lagi, diputar sedikit sudah bisa kebuka lagi," ujar Didi.

Untuk mengatasinya, cukup menggerakan kemudi sedikit ke kiri atau ke kanan menggunakan tangan kiri. Lalu, tangan kanan berada di kunci kontak untuk menekan dan memutar ke posisi on.

"Memang ada posisi sulit di mana setir terkunci dalam keadaan mobil berbelok. Namun, masih ada sela sedikit untuk memutar setirnya dan itu digunakan untuk melepaskan kunci setir dengan cara memasukkan kunci," kata Didi.

Didi menambahkan, saat posisi mobil dalam keadaan berbelok, putar setir searah dengan arah beloknya mobil. Jika pada saat terkunci berbelok ke kanan, maka putar setir ke kanan sedikit untuk membuka kunci setir, begitu pula sebaliknya.

"Kalau mobil dengan sistem keyless itu sudah otomatis mengunci ketika mobil ditinggalkan. Cara bukanya juga akan otomatis dibuka ketika pengemudi membuka kunci mobil dengan remote," ujar Didi.

Jika setelah memasukkan kunci, tapi setir mobil masih mengunci atau tidak bisa diputar, sebaiknya meminta tolong kepada orang yang lebih ahli atau memanggil montir untuk memperbaikinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/13/110200615/setir-terkunci-dan-kunci-kontak-tidak-bisa-diputar-jangan-panik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke