Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Menolak Ikutan Pusaran Formula E

Kompas.com - 11/09/2021, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran balap Formula E di Jakarta masih menjadi tanda tanya besar. Dalam kalender balap sementara yang dirilis Federasi Otomotif Internasional (FIA) nama Ibu Kota Indonesia belum tercantum untuk musim 2022.

Ditanya soal kemungkinan penyelenggaraan balap mobil listrik tersebut, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mengatakan, IMI tidak ingin terlibat pada wilayah politik.

Baca juga: Yamaha FreeGo Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

"Formula E intinya kita melihat perkembangan nanti, kalau sudah masuk pada teknis balap itu adalah domain kami," kata Bamsoet panggilannya di Jakarta, Jumat (10/9/2021).

Lintasan Formula E di Kawasan MonasKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Lintasan Formula E di Kawasan Monas

"Kita tidak masuk ke wilayah anggaran dan wilayah politik. Kami terdiri dari macam-macam warna dan kami sepakat kami hanya bicara soal asap knalpot saja, mobil listrik saja, tidak bicara yang lain-lain," katanya.

Pada Agustus 2021, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan, persiapan Jakarta E Prix 2022 tetap berjalan sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2021.

Instruksi tersebut tetap dijalankan meski muncul wacana penggunaan hak interpelasi di DPRD DKI Jakarta untuk membahas Formula E.

"Jadi kita tunggu saja, masyarakat Jakarta untuk bersabar. Insya Allah Formula E tetap dapat dilaksanakan di tahun 2022," kata Riza dalam rekaman suara (18/8/2021), mengutip Megapolitan Kompas.com.

Baca juga: Dibanderol Rp 650 Juta, Spesifikasi Aprilia RS 660 Bisa untuk Balap

Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.Youtube/Michelin Passion Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.

Riza mengatakan, jika tak ada halangan terkait pandemi Covid-19 tahun 2022, Formula E dipastikan akan digelar sesuai target.

Optimisme itu juga didorong dengan program vaksinasi Covid-19 di Jakarta yang terus berjalan dengan baik.

"Apalagi vaksin kan dalam satu bulan ke depan sudah selesai di DKI Jakarta. Mudah-mudahan ini meyakinkan kita semua bahwa kegiatan-kegiatan ke depan dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi," kata Riza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com