Catat, Ini 51 Titik Ganjil Genap di Jawa Barat

Kompas.com - 11/09/2021, 12:22 WIB
Sejumlah petugas gabungan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor memeriksa kendaraan yang sesuai dengan aturan ganjil genap di Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/9/2021) KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANSejumlah petugas gabungan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor memeriksa kendaraan yang sesuai dengan aturan ganjil genap di Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/9/2021)

BANDUNG, KOMPAS.com -  Aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 dan 3 masih diberlakukan di sejumlah wilayah Jawa-Bali. Aturan tersebut diberlakukan guna mengurangi tingkat persebaran Covid-19 di Indonesia.

Dengan adanya aturan tersebut beberapa pemerintah daerah memberlakukan ganjil genap untuk mengurangi mobilitas masyarakat selam masa PPKM berlangsung. Salah satu Provinsi yang menerapkan ganjil genap yakni Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Ini Dia Mobil Terbang EHang 216, Mulai Pamer di Indonesia

Ganjil genap untuk kendaraan yang melintas di Jawa Barat kembali diberlakukan di sejumlah lokasi mulai akhir pekan ini. Saat ini ada sekitar 51 titik lokasi di beberapa wilayah di Jabwa Barat yang menerapkan ganjil genap, termasuk wilayah Puncak Bogor.

Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021).KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan bahwa penerapan ganjil genap ini berlaku bagi kendaraan dari luar Jawa Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simulasi Kredit Honda Brio RS, Cicilan Mulai Rp 2 Jutaan

"Untuk dari luar kota (ganjil genap), terkait masalah PPKM itu kita akan tanyakan lagi persyaratan menuju luar kota," ucap Erdi dilansir Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

"Tapi pada intinya penerapan ganjil genap ini adalah di wilayah PPKM Level 3 dan Level 2. Kalau Level 4 tidak diizinkan," lanjutnya.

Erdi menambahkan, pemberlakuan ganjil genap akan dilakukan setiap akhir pekan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.

"Pemberlakuan dilakukan oleh 15 Polres. Kemudian ada 51 lokasi, terdiri dari 43 arteri, kemudian 8 gerbang tol," kata Erdi.

Baca juga: Erick Thohir Naik ke Kabin Taksi Terbang EHang 216

Sejumlah ruas jalan dan gerbang tol yang diberlakukan ganjil genap di Jawa Barat antara lain:

1. Polrestabes Bandung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.