Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ritual Fabio Quartararo Sebelum Balapan biar Lebih Rileks

Kompas.com - 10/09/2021, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


ARAGON, KOMPAS.com - Setiap pebalap punya cara sendiri untuk menghadapi balapan. Sebab, tanpa kontrol stres yang baik pebalap bisa saja mendapat hasil buruk saat balapan.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengatakan, sebelum balapan dimulai dia harus ngobrol atau berbincang dengan seseorang agar lebih santai.

Baca juga: Fitur ABS pada Sepeda Motor Sekadar Sugesti atau Benar Efektif?

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami nasib sial pada balapan MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).AFP/LLUIS GENE Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami nasib sial pada balapan MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

“Setiap pebalap punya caranya sendiri untuk menenangkan diri dan bersantai. Saya sangat suka mengobrol dengan mekanik dan tertawa bersama mereka, bahkan ketika saya sudah memakai helm," katanya mengutip Tuttomotoriweb, Jumat (10/9/2021).

"Kemudian ketika motor selesai saya mulai berkonsentrasi, tetapi sampai saat itu saya ingin berbicara dengan seseorang,” katanya.

Tak cuma Quartararo, Valentino Rossi dikenal memiliki banyak ritual sebelum naik ke atas motor, saat duduk di sadel, dan sebelum turun dari motor.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan, Polres Karanganyar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021Gold and Goose Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021

Sebelum naik ke atas motor Rossi akan menghampiri motor dan berhenti tepat di pintu paddock, lalu membungkuk hingga mencium lutut.

Saat menunggu di starting grid, Rossi biasanya berjongkok di samping motor dan menempelkan kepalanya ke fairing. Terkadang, terlihat dirinya berbicara dengan YZR-M1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com