Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan, Polres Karanganyar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 10/09/2021, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi lonjakan wisatawan saat akhir pekan, Satlantas Polres Karanganyar, Jawa Tengah akan menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Pembatasan mobilitas di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kabupaten Karanganyar tersebut, akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 15.00.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko mengatakan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut bersifat selektif. Berpatokan pada kondisi arus lalu lintas di kawasan wisata seperti di wilayah Tawangmangu.

Baca juga: PPKM Level 3, Diler Mitsubishi Mulai Beroperasi Normal

“Itu nanti selektif. Melihat situasi kondisi di Tawangmangu yang jadi patokan. Kalau masih kondusif tidak perlu, pengalihan arus tidak dilaksanakan,” ucap Sarwoko dikutip dari keterangan resmi, Kamis (9/9/2021).

Simpang tiga Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten KaranganyarFirmansyah Simpang tiga Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar

Petugas nantinya akan ditempatkan di beberapa titik seperti simpang 4 Gerdu Karangpandan, simpang 3 Polsek Matesih, simpang Sumokado Tawangmangu, simpang 3 toko pojok dan simpang 4 BIP Tawangmangu.

Menurut Sarowoko, rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna mengantisipasi adanya lonjakan volume kendaraan yang melintas di kawasan Tawangmangu seperti kepadatan yang terjadi saat akhir pekan lalu.

Baca juga: Pasang Stiker Besar di Kaca Belakang, Pamer dan Berbahaya

“Apabila memang terjadi lonjakan volume kendaraan di Tawangmangu, kendaraan dari arah barat atau Karanganyar Kota menuju ke timur melalui jalur utara akan dialihkan menuju ke jalur selatan atau jalur Matesih,” kata dia.

“Titik di simpang Gerdu bisa meng-cover yang mau ke Ngargoyoso dan Tawangmangu. Nanti di simpang tiga Polsek Matesih ditempatkan petugas,” lanjutnya.

Kendati demikian, ada pengecualian kendaraan yang dapat melintas apabila rekayasa lalu lintas tersebut diterapkan, seperti ambulans, serta mobilitas kegiatan darurat, dan warga lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.