Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur ABS pada Sepeda Motor Sekadar Sugesti atau Benar Efektif?

Kompas.com - 10/09/2021, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking system (ABS) sudah banyak dipakai di sepeda motor. Tapi rupanya tak semua paham fungsinya, pun sampai ada yang berpikir cuma sugesti.

Pada dasarnya, ABS merupakan salah satu fitur penunjang keselamatan aktif pada kendaraan. Fitur ini memang semula lebih lazim tersemat pada mobil, namun dalam beberapa tahun terakhir mulai diperkenalkan pada motor.

Salah satu contoh bergunanya ABS ialah video yang diunggah akun Otomotif Weekly. Di mana ada pengendara motor selamat tidak sampai menabrak truk di depannya.

Dari video terlihat pengendara tersebut "meleng" atau tidak fokus melihat ke depan. Ternyata di depannya ada truk yang sudah dekat dan terpaksa melakukan pengereman keras (hard braking).

Baca juga: PPKM Level 3, Diler Mitsubishi Mulai Beroperasi Normal

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabloid OTOMOTIF (@otomotifweekly)

 

Tanpa ABS melakukan pengereman keras bisa berbahaya karena dapat membuat roda terkunci. Alih-alih motor berhenti pengendara justru bisa terpelanting.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, fitur ABS pada motor memiliki peran yang cukup penting terutama jika ada kondisi darurat.

“Pengaruh ABS dan non ABS besar sekali, dan perlu diketahui pada motor non ABS jarak pengeremannya berbeda, sebab jarak pengereman ABS lebih pendek dalam situasi darurat,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Jusri mengatakan, dengan ABS pengendara motor diuntungkan karena jika terjadi pengereman mendadak motor lebih mudah dikendalikan. 

Baca juga: Pamer Teknologi, Daihatsu Bedah Fitur Keselamatan Tertinggi Rocky

Ilustrasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi.

“Intinya dengan ABS akan meringankan tugas-tugas pengendara. Pengemudi bisa melakukan perlambatan hingga pemberhentian lebih maksimal. Selain itu dia juga punya opsi untuk menghindar sambil mengerem, sedangkan di non ABS akan sulit sekali,” katanya.

Sedangkan tanpa ABS pengendara tanpa sadar melakukan tugas bersamaan atau multitasking saat pengereman. Bagi yang tidak berbiasa hal itu akan sulit, apalagi jika roda terkunci.

Cara kerjanya yaitu saat sensor ABS membaca putaran ban ada yang mengunci, sistem akan melakukan pengereman dengan bertahap secara cepat sehingga ban tidak terkunci.

Global NCAP menyebut ABS pada motor berpotensi menyelamatkan ribuan orang setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com