Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berburu Sedan Bekas Toyota Soluna dan Berapa Kisaran Harganya

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai sedan andalan Toyota di pasar Asia Tenggara, Soluna awalnya akan dipasarkan di Indonesia pada 1998. Sayangnya karena krisis politik dan ekonomi, Soluna baru resmi diluncurkan pada tahun 2000.

Soluna jadi salah satu sedan andalan Toyota pada periode tahun 2000-an awal dan pengisi segmen yang ditinggalkan Corolla setelah naik kelas. Penjualan kala itu juga ditopang segmen fleet, karena Soluna sempat dijadikan andalan perusahaan taksi di Indonesia.

Toyota menawarkan 3 pilihan tipe untuk Soluna, yakni XLi M/T, GLi M/T, dan GLi A/T. Ketiganya sama-sama dibekali dengan dapur pacu berupa mesin DOHC 4 silinder segaris 16 katup berkode 5A-FE. Mesin ini memiliki kubikasi 1.500 cc.

Lantas untuk sistem transmisinya, Soluna mendapatkan 2 pilihan, yakni transmisi manual 5 tingkat percepatan dan matik 4 tingkat percepatan.

Soluna mulai berhenti diproduksi di Indonesia pada tahun 2003. Untuk mengisi segmen mobil sedan, Toyota mengandalkan Vios sebagai penggantinya.

Bagi yang ingin memelihara Soluna, tentu satu-satunya cara adalah dengan berburu unit bekasnya. Di sejumlah bursa mobil bekas di Ibukota, beberapa unit Soluna bekas masih mudah untuk ditemukan.

Dari pantauan Redaksi Kompas.com di beberapa bursa mobil bekas daring, Senin (6/9/2021), Toyota Soluna umumnya dibanderol pada kisaran harga Rp 30-60 jutaan, tergantung beberapa faktor.

Misalnya seperti kondisi unit baik pada bagian bodi, mesin, kelistrikan, hingga kaki-kaki. Selain itu kelengkapan surat kepemilikan dan status pajak juga turut mempengaruhi harga jual sedan ini.

Oleh karena itu diperlukan ketelitian dalam mengecek Soluna bekas yang diincar. Jangan sampai mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit untuk melakukan perbaikan pada bagian-bagian vital.

Sebagai referensi, berikut kisaran harga Toyota Soluna di sejumlah bursa mobil bekas di Ibu Kota awal September 2021.

  • Soluna GLi A/T tahun 2000 harga Rp 63 juta
  • Soluna GLi M/T tahun 2001 harga Rp 57,5 juta
  • Soluna GLi M/T tahun 2002 harga Rp 53 juta
  • Soluna GLi M/T tahun 2002 harga Rp 49 juta
  • Soluna XLi M/T tahun 2000 harga Rp 45 juta
  • Soluna XLi M/T tahun 2000 harga Rp 38 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/07/090200915/berburu-sedan-bekas-toyota-soluna-dan-berapa-kisaran-harganya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke