Tanda Koil Motor Sudah Mulai Lemah atau Rusak

Kompas.com - 01/09/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKoil merupakan komponen penting yang ada pada sistem pengapian kendaraan. Jika belum tahu, koil merupakan kabel yang menghubungkan dari aki motor ke bagian busi.

Fungsi koil adalah untuk meningkatkan tegangan rendah dari aki menjadi lebih tinggi. Tegangan sebesar 12 volt yang berasal dari aki diubah menjadi 30.000 volt untuk menyalakan pembakaran di ruang bakar.

Jika kondisi koil sudah rusak, tentu besaran tegangan yang dibawa koil menjadi menurun, sehingga pembakaran tidak optimal.

Lalu bagaimana mengetahui kondisi koil motor yang sudah tidak baik?

Baca juga: Diam-diam Honda N7X Sudah Bisa Dipesan?

Koil sepeda motorteknikotomotif.co.id Koil sepeda motor

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, koil yang sudah rusak, ciri yang paling mudah diketahui adalah motor sulit untuk dinyalakan.

“Kalau tidak susah hidup mesinnya, atau sama sekali tidak bisa dihidupkan. Begitu juga kalau kondisinya sudah lemah,” ucap Endro kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika sudah bisa dinyalakan, koil yang lemah juga bisa dirasakan dengan mesin yang terasa brebet. Kemudian jika mesinnya mati, akan sangat sulit untuk menyalakannya kembali.

Baca juga: Jangan Sembarangan Ganti Aki Mobil, Salah Sedikit Fatal Akibatnya

Selain itu, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong Asep Suherman mengatakan, koil yang rusak bisa dilihat secara kasat mata. Kerusakan koil bisa terjadi karena kabelnya yang sudah rapuh sehingga suplai arus tidak maksimal.

"Suplai arus yang tidak maksimal mengakibatkan tegangan kecil atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan motor," ujar Herman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.