Mengapa Masih Ada Pengendara Motor yang Melebar Saat Putar Balik?

Kompas.com - 31/08/2021, 19:21 WIB
Motor putar balik dan melebar INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIAMotor putar balik dan melebar

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor memang kegiatan yang bisa dilatih. Namun ada beberapa manuver yang bisa dibilang cukup sulit dilakukan saat mengendarai motor, yaitu melakukan putar balik.

Putar balik yang baik adalah yang tidak melebar, sehingga bisa menghindari tabrakan dari kendaraan lain. Namun nampaknya, melakukan putar balik memang hal yang cukup sulit, sehingga masih banyak yang melebar.

Misalnya seperti video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram. Pada video tersebut, terlihat pengendara motor yang terlalu melebar saat mau putar balik, beruntung tidak ada kendaraan dari arah berlawanan yang menabraknya.

Baca juga: Tiba di Indonesia, Intip Spesifikasi Jeep Wrangler dan Gladiator 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara yang terlalu melebar saat melakukan putar balik karena pengendaranya belum menguasai motornya, jadi paling nyaman dengan sedikit melebar.

“Kalau tidak melebar, perlu keseimbangan dan setang harus ditekuk maksimal. Kalau dia belum menguasai kendaraannya, kemungkinan motor bisa terjatuh,” kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Pesan Aleix Espargaro Buat Vinales sebagai Rekan Baru di Aprilia

Agus menjelaskan, dengan tidak melebar, motor bisa terhindar dari tabrakan dengan kendaraan lain. Namun cara tersebut memang perlu keterampilan dan keseimbangan dari pengendara, apalagi jika memakai motor cukup besar atau matik.

Motor matik lebih sulit putar balik dengan cara patah. Pengendara harus mengontrol gas dengan baik, jika tidak, maka akan berisiko jatuh atau membuka gas terlalu besar sehingga berbahaya,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.