Mulai 1 September, Jasa Marga Operasikan Gerbang Tol Cileunyi Baru

Kompas.com - 31/08/2021, 16:20 WIB
Ilustrasi gerbang Tol CIleunyi Dok. Jasa MargaIlustrasi gerbang Tol CIleunyi
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai 1 September 2021 pukul 00.00 WIB, transaksi entrance yang sebelumnya berada di GT eksisting akan dipindahkan ke GT baru yang ada di atas SS Cileunyi. GT Cileunyi baru ini mengoperasikan 8 GTO Multi pada tahap awal.

Sebelumnya lalu lintas yang menuju akses masuk (on ramp) GT Cileunyi arah Jakarta, dilakukan pengalihan lalu lintas melalui Simpang Susun (SS) Cileunyi.

Dengan dioperasikannya GT Cileunyi baru ini, kendaraan dari jalan nasional (arteri) arah Garut menuju ke Jakarta melalui GT Cileunyi diarahkan melalui lajur baru SS Cileunyi, selanjutnya akan melakukan transaksi di GT Cileunyi baru.

Baca juga: Ada Pelat Nomor Kendaraan Warna Hijau, Sudah Tahu Fungsi dan Artinya?

Ilustrasi gerbang Tol CIleunyiDok. Jasa Marga Ilustrasi gerbang Tol CIleunyi

Sementara itu, kendaraan dari arah Jakarta menuju Cileunyi dan sekitarnya yang keluar melalui GT Cileunyi akan tetap menggunakan GT Cileunyi sementara dengan total 12 gardu terdiri dari 2 GTO single, 4 GTO multi dan 6 gardu OAB.

"Dengan dioperasikannya gerbang baru ini, pengguna jalan dari arteri yang menuju Jakarta akan mengarah ke simpang susun dulu,” ujar General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto, dalam keterangan tertulis (31/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kemudian melakukan transaksi di gerbang baru tersebut. Sedangkan yang arah sebaliknya atau yang keluar ke Cileunyi akan tetap melakukan transaksi di GT Cileunyi yang digunakan saat ini," kata dia.

Baca juga: Ini Daftar Harga Mobil Toyota yang Masih Dapat Diskon PPnBM

Tol Cisumdawu ditargetkan rampung akhir 2021.Dok. Kementerian PUPR Tol Cisumdawu ditargetkan rampung akhir 2021.

Thomas juga menambahkan Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Jasamarga Tollroad Operator sebagai operator jalan tol, telah memasang rambu-rambu petunjuk untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan.

Selain itu, pihaknya juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalulintas di lokasi kegiatan, guna menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Seperti diketahui, hal ini dilakukan sehubungan dengan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan).

Tol tersebut rencananya akan terintegrasi dengan Jalan Tol Padaleunyi di bawah koordinasi pengoperasian oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.