Kaki Enggak Sampai, Pengendara Trail Ini Turun Motor Saat Lampu Merah

Kompas.com - 27/08/2021, 17:29 WIB
Naik motor trail Foto: Tangkapan layarNaik motor trail
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai motor garuk tanah perawakan motor trail cukup jangkung. Buat postur badan orang orang Asia termasuk Indonesia kadang jok motor trail terlalu tinggi.

Apalagi jika motor trail dipakai di jalan raya yang padat membuat pengendara jadi kesulitan saat sedang macet atau lampu merah. Jok terlalu tinggi kaki mudah pegal jika terlalu jinjit.

Baca juga: Ingin Modifikasi Lampu Mobil, Pahami Aturannya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti pada video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4, terlihat pengendara yang kesulitan menaiki motor trail saat sedang menunggu lampu merah. Ketimbang memaksa, dia akhirnya turun dari motor.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, tak cuma motor trail hal ini kerap dirasakan oleh pengendara motor gede (moge).

“Hal ini sering ditemui saat postur tubuh Asia naik motor besar, seperti BMW GS dan Harley-Davidson dan lainnya, ketika dimensi pengendara di bawah 170 cm," kata Jusri Kepada Kompas.com belum lama ini.

"Ketika dimensi pengendara di bawah 170 cm. Maka itu kita harus mensiasatinya saat proses naik atau turun motor,” ujar Jusri

Baca juga: Mau Kredit Toyota Calya, Gaji Minimal Harus Rp 10 Juta Per Bulan

Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trailDok. YIMM Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trail

Jusri menyarankan pengendara dengan postur rata-rata tapi ingin naik motor trail atau moge untuk selalu melatih keseimbangan yang merupakan elemen penting. Termasuk gerakan saat naik dan turun dari motor.

“Keseimbangan ialah kombinasi dari beberapa elemen keseimbangan mulai dari kecepatan, kondisi lintasan serta riding posture," katanya.

"Maka dari itu kita wajib mengetahui dasar elemen ini dan kemudian melatih keseimbangan kita di atas motor,” ujar Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.