Serius Garap Layanan Digital, Bagaimana Nasib Wiraniaga Toyota

Kompas.com - 27/08/2021, 09:32 WIB
Sejumlah pengunjung mencoba mobil saat acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pemeran yang akan berlangsung hingga 29 April 2018 itu diikuti pelaku industri otomotif Tanah Air dengan menampilkan produk unggulan. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELSejumlah pengunjung mencoba mobil saat acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pemeran yang akan berlangsung hingga 29 April 2018 itu diikuti pelaku industri otomotif Tanah Air dengan menampilkan produk unggulan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya pandemi Covid-19, membuat aktivitas yang bersifat offline hampir ditinggalkan. Rata-rata semua sektor mengencangkan digitalisasi melalui kegiatan yang bersifat daring, termasuk untuk penjualan mobil.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi salah satu merek yang serius mengembangkan sayap pemasarannya ke ranah digital. Mulai dari penjualan, perawatan kendaraan, konsultasi atau pusat informasi, sampai Toyota Live Showroom yang dikemas seakan seperti diler konvensional.

Bahkan ada tiga layanan yang baru saja ditingkatkan untuk memberikan kemudahan kepemilikan mobil bagi calon konsumennya, yakni EZDeal, Toyota Trade-In, dan Toyota Official Store Solution (TOSS).

Baca juga: Tantang Rocky dan Raize, Renault Kiger Mengaspal Jumat Ini

Dengan keberadaan layanan digital yang hampir melengkapi semua kegiatan penjualan secara konvensional, apakah hal tersebut nantinya akan menggeser sebagian besar peran wiraniaga Toyota.

Toyota IIMS Hybrid 2021TAM Toyota IIMS Hybrid 2021

Menjawab hal tersebut, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, bila keberadaan wiraniaga sebagai ujung tombak penjualan tetap dibutuhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Justru dibutuhkan, karena kebutuhan konsumen itu kan berbeda. Jadi ketika akan membeli mobil, konsumen itu punya profilenya yang berbeda-beda," ujar Anton, dalam konferensi pers virtual, Kamis (26/8/2021).

"Bagi konsumen yang baru pertama membeli mobil, pastinya banyak tanya, mulai dari cara hitung bagaimana, servisnya seperti apa, dan itu tetap butuh human touch ya," katanya.

Baca juga: Layanan Baru Toyota, Bikin Tukar Tambah dan Kredit Raize Lebih Ringan

Menurut Anton, dari segi peran dan fungsinya, wiraniaga masih akan sangat dibutuhkan. Karena tidak semua pertanyaan dari konsumen bisa disediakan dari digital.

Apalagi yang sifatnya berupa teknis dalam hal kepenguruan kendaraan. Seperti proses tukar tambah mobil lama dengan unit baru, atau terkait detail hitungan pajak bila ada konsumen yang menanyakan saat ingin menambah unitnya.

Booth Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2021Toyota Astra Motor Booth Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2021

"Saya rasa human touch dari frontline akan tetap jalan, karena kebutuhan dan pertanyaan konsumen itu kan beda-beda. Namun memang tinggal cara dari komunikasinya yang sekarang berbeda," ucap Anton.

"Dulu selalu face to face, tapi sekarang lewat Whatsapp, Zoom, dan lain sebagainya. Jadi sekarang ini bagaimana kami melatih wiraniaga berkomunikasi dengan konsumen dan mulai membiasakan diri juga dengan dunia digital," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.