Ditlantas Polda Jateng Lakukan Penyekatan di Perbatasan Provinsi

Kompas.com - 27/08/2021, 06:41 WIB
Tim gabungan TNI dan Polri menggelar operasi penyekatan PPKM Darurat di wilayah perbatasan Jawa Tengah (Wonogiri)-Jawa Timur (Ponorogo) di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Ponorogo, Rabu (7/7/2021). KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres WonogiriTim gabungan TNI dan Polri menggelar operasi penyekatan PPKM Darurat di wilayah perbatasan Jawa Tengah (Wonogiri)-Jawa Timur (Ponorogo) di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Ponorogo, Rabu (7/7/2021).

SEMARANG, KOMPAS.com - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan sistem berlevel di sejumlah daerah di Indonesia resmi diperpanjang sejak Senin (23/8/2021) kemarin hingga satu pekan ke depan.

Seluruh daerah di Jawa Tengah pun turut memberlakukan PPKM tersebut dengan level intensitas 3 dan 4. Sebagai tindak lanjut atas kebijakan tersebut, Ditlantas Polda Jawa Tengah memberlakukan penyekatan di sejumlah perbatasan antar provinsi tiap akhir pekan.

Penyekatan tetap dilakukan guna menekan angka penularan virus Covid-19 meski saat ini tren kasus penularannya di Jawa Tengah mulai berangsur-angsur menurun.

Selama masa penyekatan, pelaku perjalanan akan diperiksa dokumen persyaratan perjalanan seperti surat bebas Covid-19, surat vaksin, KTP, dan surat kendaraan.

Baca juga: Tantang Rocky dan Raize, Renault Kiger Mengaspal Jumat Ini

"Kami akan lakukan penyekatan secara intensif kembali, sasarannya bukan menindak tapi kami mengedukasi terhadap seluruh pengguna kendaraan, kita akan memeriksa apakah sudah divaksin atau belum," kata Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M Rudy Syafirudin dalam keterangan resminya, Kamis (26/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Minggu (16/5/2021)KOMPAS.com/polda jateng Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Minggu (16/5/2021)

Rudy mengatakan agenda ini akan rutin dilakukan pada hari libur dan akhir pekan yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu. Total terdapat 70 lokasi yang dijadikan titik penyekatan.

Selain itu, personel di lapangan juga akan melakukan pengecekan di berbagai rest area yang ada di wilayah Jawa Tengah. Ia menjelaskan untuk kegiatan pengecekan di rest area dilakukan secara berkeliling karena sifatnya tidak mendirikan pos stasioner.

Baca juga: Lampu Lalu Lintas Menyala Hijau, Jangan Main Tancap Gas

Tidak hanya itu, rencananya akan dilakukan juga vaksinasi jika di suatu titik penyekatan terindikasi banyak masyarakat yang belum divaksin.

"Kita akan buat untuk Jumat, Sabtu, Minggu apabila terindikasi banyak warga yang belum divaksin kita akan membuat gerai vaksin di tempat itu. Langsung dilakukan seperti yang sudah dilakukan oleh jajaran kita kemarin di mal," kata Rudy.

Belum ada keterangan mengenai giat penyekatan perbatasan provinsi ini akan dilakukan sampai kapan. Rudy hanya menjelaskan bahwa penyekatan tiap hari libur dan akhir pekan ini didasarkan pada kondisi ramainya kendaraan dari luar Jawa Tengah tiap waktu-waktu tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.