Antara Nissan Leaf dan Hyundai Ioniq, Mana yang Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 25/08/2021, 10:42 WIB
Nissan Leaf KOMPAS.com/STANLY RAVELNissan Leaf

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tongkrongan dan interior, giliaran mengulik urusan performa dari duet mobil listrik beda negara yang kini meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Seperti diketahui, Nissan Leaf hadir dengan baterai lithium-ion 40 kWh yang diklaim mampu memberikan daya jelajah 311 km dalam satu kali pengisian daya. Hasil ini didapat berdasarkan pengujian yang dilakukan New European Driving Cycle (NEDC).

Jarak 40 km tersebut dibaratkan setara dengan penggunaan rata-rata harian dalam satu minggu. Namun, jangan ditelan mentah-mentah, karena tentu beda negara beda pula hasilnya.

Baca juga: Menimbang Kenyamanan Kabin Nissan Leaf dan Hyundai Ioniq

Untuk pengisian daya, Nissan mengklaim Leaf membutuhkan waktu 5-7 jam menggunakan home charger AC 7.4 Kw. Sementara saat menggunakan portabel berkapasitas 2.3 Kw, waktu yang dibutuhkan lebih panjang, yakni 12-15 jam.

Tes drive Nissan Leaf Tes drive Nissan Leaf

Dari sisi performa, Leaf dilengkapi motor listrik EM57 AC3 Synchronous yang sanggup menghasilkan daya sebesar 110 kW atau setera 150 Ps (147,9 tk). Sementara torsinya terbilang lumayan berlimpah, yakni 320 Nm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak ada perbedaan dari aspek mesin dengan Leaf yang dulu sempat redaksi jajal. Bicara soal sensasi berkendara, selain tanpa suara, memang urusan performa Leaf patut diperhitungkan.

Seperti kebanyakan mobil listrik lainnya, sensasi torsi serba instan sudah bisa dirasakan dari putaran bawah.

Karakter responsif tetap menjadi salah satu daya tarik sebagian besar mobil listrik. Bahkan untuk mencapai kecepatan 120 kpj, tak butuh waktu lama bagi Nissan Leaf. 

Tak hanya tenaga, meski ada beberapa kekurangan dalam kenyamanan berkendara, tapi bicara handling dan bantingan suspensi terbilang sangat baik. Tak heran rata-rata yang sudah sempat menjajalnya kerap mengklim Leaf cukup gesit.

Baca juga: PPKM Level 3, Ini Aturan Perjalanan Darat Sesuai Inmendagri

Motor listrik Nissan LeafKOMPAS.com/STANLY RAVEL Motor listrik Nissan Leaf

Leaf juga menawarkan pengalaman menarik melalui empat mode berkendara, yakni D Mode, B Mode, Eco Mode, dan B+ ECO Mode.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.