Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Knalpot Mobil Menembak, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 25/08/2021, 12:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mengendarai mobil, Anda mungkin pernah merasakan kondisi di mana tenaga mengentak-entak diikuti letupan suara dari knalpot. Biasanya situasi ini membuat perjalanan jadi tidak nyaman, belum lagi menganggu lingkaran sekitar.

Kondisi ini kerap dikenal gejala mobil “menembak-nembak”. Ini bukan kondisi normal, dan merupakan masalah semestinya juga harus diselesaikan, agar tidak berlarut-larut sehingga kerusakan merembet.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengungkapkan, penyebab hal ini terjadi lantaran adanya pembakaran tidak sempurna (misfire). Perlu pemeriksaan lebih lanjut, untuk menentukan komponen apa yang mengalami gangguan, sehingga mengakibatkan mobil menembak.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Syarat Naik Bus Damri Tetap Sama

“Ada misfire seperti timing tidak tepat, kurang bahan bakar atau kelebihan bahan bakar, coil mati sehingga BBM terbakar di knalpot. Terkait komponennya ada banyak, bisa coil yang rusak, busi, injektor dan lainnya,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Knalpot Isuzu Panther modifikasiGridOto.com Knalpot Isuzu Panther modifikasi

“Soal rekomendasi penangannya, mudahnya segera bawa ke bengkel untuk mencari penyebab misfire-nya,” tambahnya.

Sementara itu, Nurrahmad Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan menambahkan, penyakit nembak-nembak pada kendaraan yang sudah mengadopsi EFI (Electronic Fuel Injection) jarang terjadi, dan biasanya karena ganti knlapot.

Baca juga: Kenali Penyebab Oli Motor Jadi Gampang Boros

Itu bisa terjadi karena busi yang sudah tidak baik lagi kondisinya, atau ada penyebab lain yang membuat percampuran bahan bakar tak ideal, biasanya untuk karburator.

“Sementara buat yang sudah EFI jarang knalpot menembak. Kecuali, ada modifikasi pada knalpot yang menyebabkan sistem peredam gas buangnya tidak baik,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com