Daftar Daerah yang Masih Dapat Dispensasi Perpanjangan SIM

Kompas.com - 24/08/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Turunnya Level PPKM dari Level 4 ke Level 3 langsung mempengaruhi kebijakan dan operasional sejumlah instansi. Termasuk kebijakan dispensasi perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari Korlantas Polri.

Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Tri Julianto Djatiutomo, mengatakan, dispensasi perpanjangan SIM ke depan akan berlaku sesuai level PPKM tiap daerah.

“Kayaknya kalau Level 3 sudah enggak berlaku, yang Level 4 yang kita perpanjang. Besok akan diumumkan resminya,” ucap Djati, kepada Kompas.com (23/8/2021).

Baca juga: PPKM Turun Jadi Level 3, Ruas Jalan yang Kena Ganjil Genap di DKI Akan Berkurang

Perpanjang SIM di Telkomsel IIMS 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Perpanjang SIM di Telkomsel IIMS 2019

Menurut Djati, bakal ada Polres yang memperpanjang permberlakuan dispensasi perpanjangan SIM, khususnya untuk wilayah dengan PPKM Level 4.

Sementara itu, untuk wilayah yang sudah menerapkan PPKM Level 3, dispensasi perpanjangan SIM tidak berlaku lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga: Masih Berlaku di Jakarta, Catat Ruas Jalan yang Terapkan Ganjil Genap

Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.

Dalam Inmendagri itu, disebutkan secara rinci kabupaten di Jawa dan Bali yang masuk kategori level 4, level 3 dan level 2 yang semuanya tersebar di tujuh provinsi.

Dilansir dari lembaran Inmendagri tersebut, Selasa (24/8/2021), terdapat 51 daerah di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 4 pada 24 - 30 Agustus 2021. Seluruh daerah itu berada di lima provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Bali.

Baca juga: Polisi Berencana Kurangi Ruas Jalan yang Terkena Ganjil Genap

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Berikut ini rincian 51 daerah di Jawa-Bali yang berstatus level 4:

1. Jawa Barat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.