Wajib Lakukan Persiapan Sebelum Terabasan Pakai Motor Trail

Kompas.com - 21/08/2021, 15:02 WIB
Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trail Dok. YIMMPersiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trail

JAKARTA, KOMPAS.com - Terabasan menggunakan motor trail menjadi salah satu aktivitas outdoor yang mulai banyak digemari. Namun, kegiatan ini tidak bisa dianggap sepele, butuh persiapan yang matang.

Kegiatan ini juga dilakukan oleh WR Owners Indonesia (WOI), pengguna Yamaha WR 155R, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76.

Bergerak dari Kabupaten Bandung menuju Garut pada Selasa (17/8/2021), para peserta riding menggunakan motor trail tersebut dengan penuh semangat. Menyisir perbatasan kota luar menerabas area-area hutan, demi mengibarkan bendera Merah Putih di kawasan hutan Cimulu, Kabupaten Garut.

Baca juga: Merasakan Performa Yamaha WR 155R di Perkotaan

”Aktivitas terabasan ini start dari jam 9 pagi sampai 4 sore. Salah satu area yang dituju adalah trek di Cimulu, kondisinya basah saat di musim hujan. Walaupun di musim kemarau pun basah karena lembab," ujar Iman Muwardi, Ketua Umum WOI, dalam keterangan resminya.

Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trailDok. YIMM Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trail

Iman menambagkan, banyak pohon rindang dan hutan yang menambah tantangan. Setelah terabas, Iman dan rekan-rekannya mengunjungi Kampung Cimulu, melihat bagian dari negeri ini yang masih alami dan tradisional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk terabasan seperti ini membutuhkan persiapan dengan tidur yang cukup, bawa perlengkapan, dan melakukannya bersama dengan teman-teman,” papar Iman Muwardi, Ketua Umum WR Owners Indonesia (WOI).

Baca juga: Menelisik Fitur Motor Trail Yamaha WR 155R

Agar hobi terabasan dapat dijalani dengan maksimal, penting untuk melakukan persiapan sebelumnya, karena membutuhkan fisik yang lebih kuat dan memahami dengan baik rutenya.

Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trailDok. YIMM Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trail

Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan sejumlah panduan bagi konsumen dalam mempersiapkan diri dan motornya sebelum terabasan.

Hal ini pun telah diterapkan untuk aktivitas YRA Offroad bersama instruktur profesional dan konsumen yang menggunakan WR 155 R. Selain itu, tim YRA juga mengedukasi mengenai panduan teknik riding WR 155 R yang tepat bagi konsumen.

Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trailDok. YIMM Persiapan sebelum melakukan terabasan menggunakan motor trail

Berikut panduan persiapan sebelum terabasan dari Yamaha Riding Academy:

1. Rider
- Siapkan fisik dengan baik, dengan cukup istirahat sebelum terabasan, karena melewati jalur terabas cukup menguras tenaga.
-Siapkan safety gear lengkap khusus untuk medan off road, karena saat terabasan berpotensi cukup besar untuk terjatuh.
- Siapkan bekal seperti minuman atau makanan ringan jika diperlukan saat istirahat mendadak dan jarang tersedia tempat makan di jalur yang dilalui.
- Lakukan terabasan bersama teman, jika ada jalur yang sulit dan terjadi kecelakaan ada yang dapat menolong.
- Kenali jalur terabas dengan cara melakukan aktivitas ini bersama teman yang sudah sering melewati trek tersebut.

2. Sepeda Motor
- Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik, mulai dari kembangan hingga tekanan udaranya.
- Pastikan jarak bebas rantai sesuai buku petunjuk / manual sepeda motor.
- Pastikan kelistrikan dalam kondisi baik, terutama lampu utama, mengantisipasi sampai kondisi malam.
- Pastikan kondisi rem depan dan belakang dalam keadaan baik.
- Lakukan service sebelum terabas, agar sepeda motor selalu dalam keadaan prima.

3. Peralatan pendukung
- Mempersiapkan alat komunikasi handphone ataupun Handy Talky (HT) dalam kondisi baik dengan kondisi battery dalam keadaan full sebelum terabasan.
- Toolkit set untuk sepeda motor, yang diperlukan untuk memperbaiki sepeda motor jika terjadi kerusakan.
- Action camera atau camera untuk mendokumentasikan momen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.