7 Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diganti Secara Berkala

Kompas.com - 19/08/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASS Dok. DAMIlustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASS

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor akan bertahan dalam kondisi yang prima jika rutin dirawat secara berkala. Sebab, beberapa komponennya ada yang memiliki usia pakai.

Komponen-komponen tersebut yang harus diganti jika performanya sudah menurun. Tujuannya agar tidak mengganggu performa motor secara keseluruhan.

Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan, apabila tidak mengganti komponen tersebut dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, dapat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, sepeda motor sulit untuk dihidupkan hingga performa mesin tidak maksimal.

Baca juga: Biar Awet, Kenali Ragam Perawatan Skutik

Setidaknya terdapat tujuh komponen atau suku cadang sepeda motor yang perlu diganti secara berkala, di antaranya:

1. Oli Mesin

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ganti oli sepeda motorOtomania/Setyo Adi Ganti oli sepeda motor

Oli mesin mempunyai peran yang sangat penting pada motor. Pemiliknya diwajibkan mengganti oli mesin secara berkala dan rutin. Sebab, komponen ini berperan sebagai pelumas di dalam mesin kendaraan.

“Idealnya oli mesin diganti dengan batasan maksimal setiap empat bulan sekali atau ketika sudah memasuki jarak tempuh 4.000 km. Namun perlu diperhatikan, penggantian oli ini turut didasarkan pada kondisi jalan atau jarak yang ditempuh bahkan kondisi cuaca atau lingkungan sekitar," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, semakin jauh jarak tempuh yang dilewati, maka penggantian oli bisa lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Motor Dianjurkan Sesuai Spesifikasi, Ini Alasannya

2. Busi

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.