Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Perawatan Sepeda Motor Ini Enggak Perlu ke Bengkel

Kompas.com - 24/07/2020, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan pada sepeda motor tidak harus selalu perlu di bengkel. Ada beberapa jenis perawatan yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, sebagian orang mungkin takut untuk pergi ke bengkel dan bertemu banyak orang, karena tidak ingin tertular virus corona.

Baca juga: Perawatan Sederhana Supaya Performa Mesin Terjaga

Sebagian produsen motor sebenarnya juga sudah memiliki program servis motor di rumah, dengan cara memanggil mekanik ke rumah. Tapi, mungkin akan terasa berlebihan jika melakukan perawatan ringan saja sampai harus memanggil mekanik.

Hindari kebiasaan mencuci motor saat mesin masih dalam keadaan panas.Donnyantoro Hindari kebiasaan mencuci motor saat mesin masih dalam keadaan panas.

"Perawatan yang bisa dilakukan oleh sendiri oleh konsumen, salah satunya adalah mengecek voltase aki untuk memastikan kondisinya bagus," ujar M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam keterangan resminya.

Abidin menambahkan, melumasi rantai motor dan baut dengan pelumas rantai yang sesuai standar atau cairan multi purpose juga bisa dilakukan sendiri untuk mencegah karat.

Baca juga: Simak Manfaat Perawatan Rutin pada Sepeda Motor

Lalu, memeriksa atau menambah air radiator untuk menjaga performa mesin dan mengoptimalkan pendinginan. Selain itu, memeriksa sistem pengereman dan minyak rem untuk menjaga performa rem tetap optimal.

"Melakukan pengecekan sistem signal, seperti lampu, klakson dan kelistrikan lainnya. Selanjutnya, mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal," kata Abidin.

Terakhir, yang paling mudah untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor. Tujuannya untuk mencegah karat pada bodi motor dan bagian lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com