Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda Rebel

Kompas.com - 19/08/2021, 10:22 WIB
Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda Rebel Kompas.com/DonnyAdu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda Rebel

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor gede (moge) dengan model cruiser tak banyak pilihannya di Indonesia. Apalagi, untuk pabrikan Jepang, hanya ada dua, yakni Kawasaki Vulcan S dan Honda Rebel.

Dari desainnya, sama-sama mengadopsi gaya cruiser yang menawarkan posisi berkendara yang nyaman. Posisi setangnya lebih tinggi daripada posisi jok. Tapi, untuk Vulcan S, posisi kakinya atau footstep lebih jauh ke depan.

Baca juga: Kawasaki Vulcan S, Cara Cepat Latihan Taklukan Crusier

Untuk dimensinya, Vulcan S memiliki panjang 2.310 mm, lebar 855 mm, dan tinggi 1.090 mm. Tinggi joknya 705 mm dan bobotnya mencapai 228 kg. Tangki bahan bakarnya mampu menampung 14 liter bensin.

Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda RebelDok. AHM Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda Rebel

Sementara Rebel, dimensinya lebih ramping. Panjangnya 2.205 mm, lebar 820 mm, dan tingginya 1.090 mm. Tinggi joknya juga 690 mm dan bobotnya hanya 191 kg. Tapi, tangki bahan bakarnya lebih kecil dengan kapasitas 11 liter.

Di sektor mesin, Vulcan S memiliki mesin yang lebih besar. Mesinnya parallel twin, DOHC, 8 katup, berpendingin cairan, dengan kapasitas 649 cc.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Punya Warna Baru, Cek Lagi Spesifikasi Honda Rebel

Vulcan S memiliki karakter mesin overbore. Diameter pistonnya 83 mm dan langkahnya 60 mm. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 60,1 tk pada 7.500 rpm dan torsinya hingga 63 Nm pada 6.600 rpm.

Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda RebelDok. KMI Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda Rebel

Rebel sendiri menggunakan mesin parallel twin, DOHC, berpendingin cairan, dan kapasitasnya hanya 471,03 cc. Tenaganya hingga 44,9 tk pada 8.500 rpm dan torsinya mencapai 43,6 Nm pada 5.500 rpm.

Rebel memiliki mesin berkarakter square. Pistonnya berdiameter 67 mm dan langkahnya 66,8 mm.

Untuk suspensinya, baik Vulcan S maupun Rebel, sama-sama menggunakan suspensi depan model teleskopik. Sedangkan suspensi belakang, Rebel menggunakan sokbreker ganda yang bisa diatur di bagian preload. Vulcan S menggunakan sokbreker belakang Offset laydown single-shock, linkage-equipped, yang juga bisa diatur di bagian preload.

Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda RebelDok. AHM Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda Rebel

Soal fitur, kedua motor ini bisa dibilang sama-sama sederhana alias minim fitur. Vulcan S menggunakan panel meter kombinasi analog dengan digital. Sistem pencahayaannya juga belum mengadopsi teknologi LED, masih mengandalkan lampu bohlam biasa.

Rebel masih lebih canggih, karena lampu depan dan lampu belakangnya sudah LED. Panel meternya juga seluruhnya digital.

Di bagian pengereman, Vulcan S dan Rebel sudah mengandalkan rem cakram, baik pada bagian depan maupun belakang. Selain itu, didukung juga dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda RebelDok. KMI Adu Spesifikasi Moge Cruiser Jepang, Kawasaki Vulcan S Vs Honda Rebel

Vulcan S hanya tersedia warna hitam saja. Motor ini dibanderol Rp 189,9 juta (OTR Jakarta). Sementara Rebel, dipasarkan Rp 191,96 juta (OTR Jakarta) dengan tiga warna pilihan, yakni hitam, putih, dan biru.

Kesimpulan
Kawasaki Vulcan S memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dan lebih bertenaga. Fitur atau teknologinya kalah dari Rebel. Tapi, dibanderol lebih terjangkau. Sedangkan Rebel, unggul dari segi fiturnya. Tapi, performa mesinnya kalah jauh dan harganya juga lebih mahal.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.