Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Mengapa Ambulans Dominan dengan Warna Putih

Kompas.com - 15/08/2021, 08:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ambulans merupakan salah satu kendaraan prioritas yang sifatnya sangat mulia. Sebab, kendaraan ini digunakan untuk membawa pasien dan mengantarkan masyarakat yang sakit dalam keadaan darurat atau kecelakaan.

Salah satu ciri khas mobil ambulans adalah kerap didominasi dengan warna putih.

Bukan tanpa sebab, ternyata ada beberapa hal yang mendasari mengapa ambulans di Indonesia kebanyakan berkelir putih.

Dilansir dari askambulance, mobil ambulans diwajibkan oleh Undang-undang di beberapa kota agar memiliki warna yang mencolok, terang agar mudah terlihat.

Baca juga: Truk Terjun ke Laut Akibat Pedal Gas Macet, Ini Saran dari KNKT

Putih merupakan salah satu rona paling cerah dalam palet warna, selain warna kuning. Pada siang hari, warna putih juga dinilai dapat memantulkan cahaya sinar matahari, sehingga tetap dapat terlihat meskipun dari jarak jauh.

Hal ini bertujuan, agar pengguna jalan lain dapat melihat mobil ambulans dengan jelas, mengingat ambulans merupakan salah satu kendaraan darurat. Sehingga diharapkan para pengendara lain dapat segera membukakan jalan.

Dilaksanakan oleh Direktur Astra Gita Tiffani Boer kepada Kepala BNPB Ganip Warsito pada Minggu (8/8/2021), kendaraan terdiri dari empat unit Daihatsu GranMax Ambulance dan satu unit Toyota Kijang Innova. Dilaksanakan oleh Direktur Astra Gita Tiffani Boer kepada Kepala BNPB Ganip Warsito pada Minggu (8/8/2021), kendaraan terdiri dari empat unit Daihatsu GranMax Ambulance dan satu unit Toyota Kijang Innova.

Anggapan serupa juga dilontarkan oleh pemerhati masalah transportasi Budiyanto.

“Ambulans berwarna putih secara empiris agar mudah dilihat khususnya malam hari, sehingga mempermudah jalannya ambulans yang harus cepat dan segera ke Rumah Sakit atau tempat yang dituju,” ucap Budiyanto, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Tidak hanya itu, warna putih juga dinilai memberikan kesan damai, sebagai cerminan bagi paramedis yang responsif, serta memberikan pertolongan pertama dengan cepat, damai dan aman.

Baca juga: PO Primajasa Rilis 15 Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Kendati demikian, saat ini di Indonesia, ambulans tak hanya dimiliki oleh pihak rumah pemerintah atau swasta saja. Beberapa instansi atau lembaga kesehatan dan kemanusiaan pun juga memilikinya.

Oleh sebab itu, mobil ambulans yang tadinya dominan dengan warna putih, kini untuk keluaran terbaru kebanyakan warnanya sudah disesuaikan dengan warna perusahaan yang berwarna cerah seperti hijau, kuning, bahkan merah dengan kombinasi garis lurus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com