Ini Alasan Mengapa Ambulans Dominan dengan Warna Putih

Kompas.com - 15/08/2021, 08:01 WIB
Sebuah mobil ambulans melintas saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Petugas akan memberikan akses untuk melintas di titik penyekatan PPKM Darurat di 63 titik di wilayah Jadetabek yang berlaku dari 3 - 20 Juli 2021 hanya yang masuk kategori sektor-sektor esensial. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp. ANTARA FOTo/M RISYAL HIDAYATSebuah mobil ambulans melintas saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Petugas akan memberikan akses untuk melintas di titik penyekatan PPKM Darurat di 63 titik di wilayah Jadetabek yang berlaku dari 3 - 20 Juli 2021 hanya yang masuk kategori sektor-sektor esensial. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ambulans merupakan salah satu kendaraan prioritas yang sifatnya sangat mulia. Sebab, kendaraan ini digunakan untuk membawa pasien dan mengantarkan masyarakat yang sakit dalam keadaan darurat atau kecelakaan.

Salah satu ciri khas mobil ambulans adalah kerap didominasi dengan warna putih.

Bukan tanpa sebab, ternyata ada beberapa hal yang mendasari mengapa ambulans di Indonesia kebanyakan berkelir putih.

Dilansir dari askambulance, mobil ambulans diwajibkan oleh Undang-undang di beberapa kota agar memiliki warna yang mencolok, terang agar mudah terlihat.

Baca juga: Truk Terjun ke Laut Akibat Pedal Gas Macet, Ini Saran dari KNKT

Putih merupakan salah satu rona paling cerah dalam palet warna, selain warna kuning. Pada siang hari, warna putih juga dinilai dapat memantulkan cahaya sinar matahari, sehingga tetap dapat terlihat meskipun dari jarak jauh.

Hal ini bertujuan, agar pengguna jalan lain dapat melihat mobil ambulans dengan jelas, mengingat ambulans merupakan salah satu kendaraan darurat. Sehingga diharapkan para pengendara lain dapat segera membukakan jalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilaksanakan oleh Direktur Astra Gita Tiffani Boer kepada Kepala BNPB Ganip Warsito pada Minggu (8/8/2021), kendaraan terdiri dari empat unit Daihatsu GranMax Ambulance dan satu unit Toyota Kijang Innova. Dilaksanakan oleh Direktur Astra Gita Tiffani Boer kepada Kepala BNPB Ganip Warsito pada Minggu (8/8/2021), kendaraan terdiri dari empat unit Daihatsu GranMax Ambulance dan satu unit Toyota Kijang Innova.

Anggapan serupa juga dilontarkan oleh pemerhati masalah transportasi Budiyanto.

“Ambulans berwarna putih secara empiris agar mudah dilihat khususnya malam hari, sehingga mempermudah jalannya ambulans yang harus cepat dan segera ke Rumah Sakit atau tempat yang dituju,” ucap Budiyanto, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Tidak hanya itu, warna putih juga dinilai memberikan kesan damai, sebagai cerminan bagi paramedis yang responsif, serta memberikan pertolongan pertama dengan cepat, damai dan aman.

Baca juga: PO Primajasa Rilis 15 Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Kendati demikian, saat ini di Indonesia, ambulans tak hanya dimiliki oleh pihak rumah pemerintah atau swasta saja. Beberapa instansi atau lembaga kesehatan dan kemanusiaan pun juga memilikinya.

Oleh sebab itu, mobil ambulans yang tadinya dominan dengan warna putih, kini untuk keluaran terbaru kebanyakan warnanya sudah disesuaikan dengan warna perusahaan yang berwarna cerah seperti hijau, kuning, bahkan merah dengan kombinasi garis lurus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.