Kompas.com - 13/08/2021, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kita berbicara tentang truk pemadam kebakaran, salah satu hal yang terlintas di kepala adalah warna merah.

Bukan tanpa sebab, pasalnya hampir setiap truk pemadam kebakaran di dunia menggunakan warna merah.

Tidak sedikit yang menimbulkan spekulasi, bahwa warna merah digunakan lantaran melambangkan api. Lantas benarkah demikian?

Dilansir dari laman science.abc, ada banyak hipotesis mengenai pemilihan warna merah pada pemadam kebakaran.

Pada tahun 1900-an, jalan-jalan sebagian kota besar didominasi oleh mobil berwarna hitam yang diproduksi oleh Ford.

Oleh sebab itu, warna merah mencolok yang digunakan pada mobil pemadam kebakaran merupakan sebuah penanda bahwa mereka sedang dalam keadaan yang darurat atau terburu-buru.

Baca juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Aktivitas Pabrik dan Diler Toyota

Hipotesis lainnya lebih menekankan bahwa warna juga bisa digunakan sebagai pesan. Misalnya, warna hijau biasanya menunjukkan 'pergi ke depan' (pada lampu lalu lintas), putih dianggap sebagai warna perdamaian, dan merah dianggap sebagai warna peringatan di sebagian besar pengaturan.

Meski pun warna tersebut memiliki arti obyektif yang melekat, manusia selalu cenderung mengasosiasikan warna tertentu dengan pesan atau ide-ide tertentu. Asosiasi warna-warna tertentu seperti ini ternyata sangat berguna dalam banyak situasi.

Contoh penggunaan lampu yang berbeda warna dan sinyal lalu lintas lainnya seperti warna kuning yang juga digunakan untuk bus sekolah.

Bus sekolah yang dengan kuning karena kuning dianggap paling menarik perhatian mata ketika ada di jalan.

Sejumlah mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Pasar Wage Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (21/9/2020).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Sejumlah mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Pasar Wage Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (21/9/2020).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.