Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Terlalu Lama Parkir, Jangan Panik bila Ada Cairan di Kolong

Kompas.com - 13/08/2021, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memarkirkan mobil dalam waktu yang cukup lama, tidak jarang pemilik menemukan adanya tetesan cairan yang keluar dari kolong kendaraan. Hal tersebut dikarenakan beberapa aspek.

Akan tetapi, sebagaimana dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, pemilik jangan panik dahulu. Pastikan dari mana cairan itu berasal.

"Biasanya, terkait dengan komponen mobil. Paling sering itu terjadi ketika parkir dalam kondisi mesin hidup, ini diakibatkan cairan pada air conditioner (AC)," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Aplikasi yang Memudahkan Lady Biker Merawat Motor

Air menetes dari kolong mobil, kenali gejalanya.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Air menetes dari kolong mobil, kenali gejalanya.

Indah melanjutkan, kalau keadaannya begitu maka sangatlah normal karena ada sirkulasi pendinginan dan pembuangan sisaan kondensasi saja.

Faktor lainnya ialah karena ada kebocoran cairan lain seperti dari pendingin radiator coolant atau wiper. Namun, jenis kebocoran ini biasanya lebih sering terjadi dalam kondisi mesin mati.

Ciri mengenali cairan yang bocor ke lantai bisa dengan melihat warnanya. Bila berupa seperti air biasa, hal tersebut bisa dari sisa kondensasi AC. Sebaliknya, bila memiliki warna umumnya merupakan kebocoran dari radiator.

Baca juga: Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Tekor

Ilustrasi radiator mobilcartreatments.com Ilustrasi radiator mobil

"Cek dan lihat cairannya seperti apa dan di mana, kalau di bawah dasbor baik sebelah kanan atau kiri biasanya karena air dari AC atau kebocoran dari wiper," kata dia.

"Tapi, kalau menetes saat mesin mati besar kemungkinan dari radiator, apalagi memiliki warna. Bila terjadi demikian jangan dibiarkan terlalu lama, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan," ucap Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com