Perjalanan Honda Monkey, Motor Mini Harga Selangit

Kompas.com - 08/08/2021, 07:41 WIB
Honda Monkey terbaru meluncur di Indonesia Dok. AHMHonda Monkey terbaru meluncur di Indonesia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis Honda Monkey model terbaru. Motor mungil ini dibekali stripe dan mesin baru dengan transmisi 5-percepatan.

Di Indonesia, Honda Monkey pertama kali meluncur di GIIAS 2019 setelah sebelumnya diperkenalkan di dua pameran besar lain yaitu IMoS 2018 dan IIMS 2019.

Baca juga: Galang Hendra Targetkan Poin di WorldSSP Ceko

 

Honda Monkey  50th Anniversaryindianautosblog.com Honda Monkey 50th Anniversary

Marketing Direktur AHM Thomas Wijaya mengatakan, Honda Monkey yang telah dikenal selama 60 tahun selalu dapat mencuri perhatian pecinta motor.

"Penyegaran yang kami lakukan merupakan bentuk komitmen perusahaan agar dapat terus bersama para penggemar sepeda motor legendaris yang ikonik ini,” katanya dalam rilis resmi, Jumat (6/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 1964 Honda memasarkan motor dengan bodi mungil, yakni Honda Z50 yang kemudian lebih dikenal dengan julukan Honda Monkey.

Honda Monkey punya nilai sejarah dan konsumennya tergolong khususKompasOtomotif - AFH Honda Monkey punya nilai sejarah dan konsumennya tergolong khusus

Julukan tersebut diberikan karena pengendara yang menggunakan motor ini akan terlihat seperti monyet sirkus yang mengendarai motor mainan. Karena dimensinya tergolong mungil dan lucu.

Namun, sebenarnya Honda Monkey pertama kali diproduksi pada tahun 1961 dengan tipe Z100. Selanjutnya, Honda mulai menggunakan desain Z50.

Baca juga: Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Bus Listrik Beroperasi

Adapun Honda Z50 ini terdiri dari beberapa tipe, antara lain Z50A, Z50J, Z50M, Z50R, dan ZB50. Kebanyakan motor Honda seri Z diciptakan dengan dimensi yang kecil dan ringan.

Honda Monkey meluncur di GIIAS 2019Gilang Satria/Kompas.com Honda Monkey meluncur di GIIAS 2019

Motor ini dibekali mesin 50cc, 4-tak yang menghasilkan 4,5 tk. Beberapa tipe ada yang menggunakan kopling sentrifugal bertransmisi tiga percepatan, ada juga yang menggunakan kopling manual dengan tiga atau empat percepatan.

Lama beredar, Honda akhirnya memutuskan untuk menyetop produksi Monkey. Kabar itu disampaikan oleh Chiaki Kato, Presiden Honda Motorcycle Jepang, saat gelaran Tokyo Motorcycle Show 2017.

Baca juga: Pelumas Baru Deltalube untuk Kendaraan Niaga Bermesin Diesel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.