Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Mendasar, Kerap Dilakukan Saat Cuci Mobil Sendiri di Rumah

Kompas.com - 13/08/2021, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya penyebaran virus Covid-19 yang belum juga usai hingga saat ini, membuat pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa PPKM Level 2-4 hingga imbauan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Tidak sedikit masyarakat yang mengisi aktivitas di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya adalah melakukan perawatan pada kendaraan kesayangannya, seperti mencuci mobil sendiri di rumah.

Namun, dalam praktik perawatan mencuci ini, kerap terjadi kesalahan dari para pemilik mobil. Kesalahan ini sifatnya mendasar berkaitan dengan penggunaan lap microfiber.

Perlu diingat, ketika hendak mencuci mobil dengan lap khususnya microfiber, sebaiknya memiliki lebih dari satu helai. Tertutama, untuk perawatan atau membersihkan bodi, hingga kaca mobil.

Baca juga: Aplikasi yang Memudahkan Lady Biker Merawat Motor

“Kalau saran saya punya beberapa lap microfiber. Hal yang paling mudah, agar bodi atau kaca tidak mudah tergores,” ucap Christopher Sebastian, CEO Topcoat Indonesia belum lama ini kepada Kompas.com.

Bersihkan mobil usai kehujananKompasOtomotif Bersihkan mobil usai kehujanan

Christopher melanjutkan, kenapa disarankan punya lebih dari satu, pada dasarnya mobil itu terdiri dari beberapa bagian, mulai atas, bawah dan kaca.

Apabila menggunakan satu lap saja, kotoran yang menempel bisa merusak permukaan bodi atau kaca.

Baca juga: Siap-siap, Warna Dasar Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Jadi Putih

“Kalau bodi mungkin masih bisa diselamatkan, tetapi kalau kaca, selain mengganggu visibilitas, juga proses menghilangkan baret pada kaca itu cukup sulit,” kata dia.

Saran Christopher, untuk bodi bagian bawah pakai satu lap, begitu juga dengan bodi atas lap yang berbeda. Dan terakhir lap khusus untuk membersihkan kaca luar dan dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com