Kesalahan Mendasar, Kerap Dilakukan Saat Cuci Mobil Sendiri di Rumah

Kompas.com - 13/08/2021, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya penyebaran virus Covid-19 yang belum juga usai hingga saat ini, membuat pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa PPKM Level 2-4 hingga imbauan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Tidak sedikit masyarakat yang mengisi aktivitas di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya adalah melakukan perawatan pada kendaraan kesayangannya, seperti mencuci mobil sendiri di rumah.

Namun, dalam praktik perawatan mencuci ini, kerap terjadi kesalahan dari para pemilik mobil. Kesalahan ini sifatnya mendasar berkaitan dengan penggunaan lap microfiber.

Perlu diingat, ketika hendak mencuci mobil dengan lap khususnya microfiber, sebaiknya memiliki lebih dari satu helai. Tertutama, untuk perawatan atau membersihkan bodi, hingga kaca mobil.

Baca juga: Aplikasi yang Memudahkan Lady Biker Merawat Motor

“Kalau saran saya punya beberapa lap microfiber. Hal yang paling mudah, agar bodi atau kaca tidak mudah tergores,” ucap Christopher Sebastian, CEO Topcoat Indonesia belum lama ini kepada Kompas.com.

Bersihkan mobil usai kehujananKompasOtomotif Bersihkan mobil usai kehujanan

Christopher melanjutkan, kenapa disarankan punya lebih dari satu, pada dasarnya mobil itu terdiri dari beberapa bagian, mulai atas, bawah dan kaca.

Apabila menggunakan satu lap saja, kotoran yang menempel bisa merusak permukaan bodi atau kaca.

Baca juga: Siap-siap, Warna Dasar Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Jadi Putih

“Kalau bodi mungkin masih bisa diselamatkan, tetapi kalau kaca, selain mengganggu visibilitas, juga proses menghilangkan baret pada kaca itu cukup sulit,” kata dia.

Saran Christopher, untuk bodi bagian bawah pakai satu lap, begitu juga dengan bodi atas lap yang berbeda. Dan terakhir lap khusus untuk membersihkan kaca luar dan dalam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.