Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Salah Tarik Gas, Motor Matik Tersangkut Pagar Rumah Warga

Kompas.com - 13/08/2021, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang baru belajar naik sepeda motor, model skutik merupakan pilihan yang tepat karena cukup mudah dalam pengoperasiannya. Tinggal memuntir gas untuk jalan dan menekan rem untuk berhenti.

Meski begitu, bukan berarti mengoperasikannya bisa asal juga. Sebab buka tutup gas dan rem pada skutik merupakan hal krusial. Kerap terjadi bukannya mengerem, karena panik justru melintir gas.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun instagram Agoez Bandz4, Kamis (12/8/2021). Dalam video tersebut terlihat pengendara motor wanita yang belum terlalu lancar mengoperasikan sepeda motornya, hendak melakukan putar balik.

Namun, pengendara tersebut justru memuntir gas hingga menabrak pagar rumah salah seorang warga, sampai akhirnya tersangkut.

Baca juga: Aplikasi yang Memudahkan Lady Biker Merawat Motor

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh pemula yang baru belajar naik motor skutik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

“Paling penting adalah kita harus tahu saat buka tutup gas yang aman saat menggunakan motor. Pasalnya, pengaturan buka tutup gas juga diperlukan agar motor tidak ‘nyelonong’ saat melaju di jalan turunan atau tanjakan, ” ujar Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Agus melanjutkan, saat akan menjalankan motor usahakan agar tidak membuka gas secara spontan tetapi bertahap.

“Lakukan tahapan ini sampai kendaraan melaju dengan stabil,” kata dia.

Kemudian, tak sedikit pengendara motor matik menutup gas ketika melaju di jalanan menurun. Padahal, menurut Agus, jika hal itu dilakukan justru motor akan los, karena mesin tidak membantu proses pengereman.

Berkendara motor matikStanly/Otomania Berkendara motor matik

Seperti diketahui, motor matik tidak memiliki engine brake layaknya motor manual yang bisa dimanfaatkan untuk proses pengereman.

Untuk itu, agar lebih aman saat menggunakan motor matik Agus menyarankan agar pengereman dilakukan secara bersamaan antara rem belakang dan rem depan.

“Usahakan untuk selalu mengerem dengan keduanya (rem depan dan belakang) agar pengereman lebih efektif,” ucapnya.

Baca juga: Siap-siap, Warna Dasar Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Jadi Putih

Agus juga mengatakan, saat pengendara sudah menguasai buka tutup gas dengan baik dan benar sebaiknya jari tangan tidak perlu menempel pada tuas rem.

“Jika sudah menguasai buka tutup gas dngan baik, maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standby di tuas rem kanan dan kiri,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com