Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Yaris Ditarik Pakai Tambang, Begini Teknik Menanjak buat Mobil FWD

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil dengan penggerak depan (FWD) mayoritas lebih sulit untuk menghadapi tanjakan curam dibandingkan mobil penggerak belakang (RWD). Meski begitu, bukan berarti mobil penggerak depan tidak sanggup melewati jalur menanjak.

Seperti kejadian yang belum lama ini ramai di media sosial, yakni video Toyota Yaris sedang melewati jalan yang menanjak di area perbukitan yang cukup curam dan berliku.

Uniknya, Yaris ditarik oleh 6 orang menggunakan tali tambang. Tidak diketahui dengan jelas apakah mobil tersebut sempat gagal nanjak atau tidak.

Menanggapi hal ini, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, mobil penggerak roda depan lebih rawan selip jika melewati tanjakan yang licin.

Ada cara tersendiri ketika ingin membawa kendaraan penggerak roda depan melewati rintangan tanjakan yang licin.

“Jangan menekan gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkeraman. Kalau ban mobil sudah selip, kendaraan akan merosot ketika di tanjakan, atau diam di tempat,” ucap Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, mobil penggerak depan harus memperhatikan kondisi jalan ketika ingin melewati tanjakan dengan lancar.

“Lihat sekeliling jalan dan kondisinya seperti apa. Agar akselerasi ketika melewati jalan tersebut tidak berlebihan," ujar Sony.

Cara mengeceknya tidak perlu keluar dari mobil, secara visual saja. Pengemudi bisa keluar jika medannya dianggap cukup ekstrem, memastikan kendaraannya bisa lewat atau tidak.

"Kalau ingin melewati tanjakan, bisa pakai cara mengemudi yang halus dan gunakan momentum. Jika terjadi selip, kurangi gas sampai ban kembali mencengkram dan tekan gas perlahan," ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/13/080200315/ada-yaris-ditarik-pakai-tambang-begini-teknik-menanjak-buat-mobil-fwd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke