Ini Fungsinya Mengemudi Wajib Pakai 2 Tangan

Kompas.com - 09/08/2021, 18:12 WIB
Ilustrasi memegang setir dengan kedua tangan IndriTraveller/Toyota AstraIlustrasi memegang setir dengan kedua tangan

JAKARTA, KOMPAS.comSetir merupakan alat untuk mengarahkan mobil ketika sedang dikendarai. Baiknya, setir dipegang oleh kedua tangan saat sedang mengemudi, namun banyak juga yang hanya mengandalkan satu tangan.

Mereka yang mengandalkan satu tangan saat menyetir biasanya karena merasa sudah terbiasa dan bisa. Padahal ada beberapa kekurangan dari menyetir hanya dengan satu tangan, bahkan bisa berujung kecelakaan.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, mengemudi dengan mengandalkan satu tangan akan membuat respon jadi lebih lambat.

Baca juga: Jangan Mengemudi Tanpa Alas Kaki, Ini Alasannya

Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EVKaina Harini Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EV

“Misalnya mobil sedang berjalan 60 kpj, lalu tiba-tiba ada orang yang menyeberang di depan kita. Kalau tangan tidak siap, misalnya disandar ke pintu, untuk memindahkan tangan ke setir, itu memakan waktu satu detik. Keburu ketabrak yang nyeberangnya,” ucap Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menggerakkan setir secara sempurna itu pakai dua tangan. Jadi ketika sedang mengemudi, pastikan kedua tangan ada di setir dan harus selalu siap. Mengingat mengemudi ini merupakan aktivitas fisik yang sebenarnya membahayakan.

“Mengoperasikan kendaraan di jalan raya paling berisiko pada kecelakaan. Lihat saja jumlah kecelakaan, kematian dari mengemudi di jalan raya, jadi yang paling banyak,” kata Jusri.

Baca juga: Resmi, Toyota Luncurkan Avanza Veloz GR Sport dan 4 Model Lainnya

Maka ketika mengemudi, harus 100 persen siap dan konsentrasi. Apalagi jika memakai satu tangan saja, pengemudi jadi cepat lelah karena beban kerja hanya diandalkan di satu tangan saja.

“Kedua, ketika hanya mengandalkan satu tangan, tenaga hanya disalurkan ke tangan tersebut, jadi mudah lelah. Sedangkan kalau dua tangan yang memegang setir, menjadi tidak mudah lelah,” ucap Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.