Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengamankan Ban Serep Truk dari Pencuri

Kompas.com - 09/08/2021, 15:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus pencurian ban truk memang sering terjadi di Indonesia. Biasanya para pencuri ini melakukan saat gelap atau malam hari, kemudian mencuri ban saat truk sedang parkir.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, ban serep truk memang sangat mudah dicuri. Hal ini dikarenakan mudahnya untuk melepas ban serep.

Ban serep truk hanya dijaga oleh mur dan baut atau engkolan saja, jadi mudah untuk dicuri,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Belajar dari Kesalahan, Pedrosa Finis 10 Besar

Tekanan udara ban truktruckmagz.com Tekanan udara ban truk

Sebenarnya, bisa ditambah gembok agar bisa mencegah sehingga menyulitkan pencuri. Namun, para awak pengemudi maupun kru tidak mau repot dengan menambah gembok untuk menjaga ban serep.

“Awak kendaraan berharap yang gampang-gampang saja. Menyimpannya mudah supaya mengambilnya juga mudah. Kalau ada gembok, kuncinya sering hilang juga saat dibutuhkan,” kata Bambang.

Baca juga: 6 Cara buat Menghindari Rem Mobil Blong

Selain memakai gembok, memilih tempat parkir yang aman juga bisa menjadi solusi mencegah pencurian ban serep truk. Misalnya di rest area jalan tol, biasanya tidak ada kasus pencurian ban serep.

“Seringnya itu (pencurian ban serep) di jalan masuk atau keluar rest area, atau truk yang parkirnya sembarangan di pinggir jalan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com