Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Civic Type R Jadi Mobil Operasional Dua Tim Balap F1 Honda

Kompas.com - 05/08/2021, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda Civic Type R dinobatkan menjadi mobil operasional untuk mendukung aktivitas tim balap andalan Honda yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.

Bahkan, tim balap asal Italia, Scuderia AlphaTauri sudah menggunakan mobil Honda Civic Type R sebagai official car mereka sejak tahun 2020 lalu.

Dikutip dari keterangan resmi Honda, Kamis (5/8/2021), tim Scuderia AlphaTauri merupakan metamorfosa dari pendahulunya yaitu tim Scuderia Toro Rosso yang membalap di F1 mulai dari tahun 2006 hingga 2019.

Tim Scuderia Toro Rosso sendiri sudah memulai kerjasama eksklusif dengan Honda sejak tahun 2018. Kerjasama mereka tersebut berlanjut pada tahun 2020 hingga kini.

Baca juga: Casey Stoner Bongkar Perlakuan Buruk Ducati pada Pebalapnya

Pada tahun 2021, tim Scuderia AlphaTauri diperkuat oleh duet pebalapnya, Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda.

Sementara bagi tim Red Bull Racing, tahun 2021 ini merupakan pertama kalinya tim Red Bull Racing menggunakan official car dari Honda, salah satunya New Honda Civic Type R.

Tim Red Bull Racing sudah menggunakan mesin Honda sejak tahun 2019 dan pada musim balap 2021 ini diperkuat oleh duet pebalapnya Max Verstappen dan Sergio Perez.

Sebelumnya, mobil yang dipilih sebagai mobil operasional tim balap tersebut juga telah membuktikan kemampuannya dengan menjadi mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman, setelah mencatat waktu 7 menit 43,80 detik pada tahun 2017 lalu.

Kemudian dilanjutkan di sirkuit Suzuka, Jepang pada tahun 2020 lalu dengan catatan waktu 2 menit, 23,933 detik.

New Honda Civic Type R resmi menjadi official car untuk mendukung aktivitas tim balap andalan Honda yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Honda New Honda Civic Type R resmi menjadi official car untuk mendukung aktivitas tim balap andalan Honda yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.

Spesifikasi New Honda Civic Type R

New Honda Civic Type R menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 311 tk pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Baca juga: Jadi Model Terakhir, Honda NSX Type S Generasi Kedua Siap Meluncur

New Honda Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan.

Di Indonesia, New Honda Civic Type R tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White.

Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1,177,000,000,- (harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com