Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

30 Bus Listrik Siap Mengaspal di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran bus listrik di DKI Jakarta semakin tercium. Pertama ada salah satu operator bus TransJakarta, Mayasari Bakti yang memamerkan satu unit bus listrik berlantai rendah dengan merek BYD K9 di akun Instagramnya.

Namun bus yang dipamerkan tadi hanya satu dari 30 unit bus yang didatangkan utuh dari China. Informasi ini pun dikonfirmasi oleh Ketua DPD Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan.

“Benar, PT Mayasari Bakti sudah mempersiapkan bus listrik untuk operasional di beberapa rute yang terintegrasi dengan TransJakarta,” ucap Shafruhan kepada Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Shafruhan menjelaskan, dari 30 unit bus listrik, baru siap 20 unit saja. Sedangkan untuk 10 unit lainnya masih dalam proses dan akan segera dipersiapkan. Kehadiran bus listrik ini seharusnya seiring dengan HUT DKI Jakarta ke-494, 22 Juni 2021.

“Namun perilisan bus listrik ini harus mundur karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda,” kata Shafruhan.

Bus listrik ini merupakan model low-deck, sehingga beroperasi bukan di lajur khusus bus TransJakarta. Shafruhan mengatakan, rencana bus listrik Mayasari Bakti ini akan beroperasi di koridor 1, sebagai bus yang terintegrasi dengan TransJakarta.

Bus listrik yang digunakan Mayasari Bakti ini memiliki model eksterior yang berbeda dibanding BYD K9 yang diuji coba komersil oleh TransJakarta. Perbedaannya ada pada bentuk eksterior yang lebih mengotak, serta jumlah bangku yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi di Indonesia.

Untuk spesifikasinya, BYD K9 punya kapasitas baterai sebesar 324 kWh. Menggunakan AC Synchronous Motor yang menghasilkan tenaga 300 kW atau setara 402 TK dan torsi 1.100 Nm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/05/144100615/30-bus-listrik-siap-mengaspal-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke