Referensi Modifikasi Honda Super Cub C125, Streetcub atau Scrambler?

Kompas.com - 03/08/2021, 17:41 WIB
Modifikasi Honda Super Cub 110 Modifikasi Honda Super Cub 110

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Super Cub C125 memiliki gaya retro modern dengan tampilan yang elegan. Meski demikian, masih banyak pemiliknya yang gatal untuk memodifikasinya.

Modifikasi Super Cub C125 untuk dijadikan motor custom cukup beragam pilihannya. Gaya yang paling banyak diusung adalah streetcub dan scrambler.

Baca juga: Komparasi Honda Super Cub C125 Lama dan Baru, Simak Ubahannya

Salah satu bengkel yang paling rajin menggarap Super Cub C125 adalah K-Speed asal Thailand. Tanadit Sarawek, sang builder, biasa mengaplikasikan kedua gaya tersebut.

Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speedbikeexif.com Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speed

Untuk model streetcub, bagian buritan dipotong dan dibiarkan telanjang tanpa sepatbor. Agar semakin mencolok, bisa juga mengaplikasikan ban belakang yang lebar atau gambot.

Lampu depannya yang tadinya berada di bagian batok, dipindah lebih turun jadi di bagian komstir. Sementara setangnya dibiarkan terbuka. Sepatbor depan juga ditinggalkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Alasan Harga Honda Super Cub C125 Bisa Tembus Rp 70 Jutaan

Uniknya, di bagian setang dibuat "steril". Semua kabel-kabel kelistrikan tersimpan rapi di dalam setang. Speedometer bisa dipindahkan ke balik sayap atau tepat di bagian tengah dengan membuatkan bracket baru.

Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speedbikeexif.com Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speed

Sementara untuk peleknya, bisa menggunakan pelek jari-jari atau pelek monoblok yang menutup seluruh bagian.

Jika ingin mengusung gaya scrambler, area setang juga bisa dibuat terbuka atau telanjang. Sedangkan setangnya, diganti dengan yang lebih lebar, seperti fatbar. Lampu depannya bisa diturunkan jadi tepat berada di atas ban.

Motor custom Honda Super Cub bergaya scrambler garapan K-SpeedPipeburn.com Motor custom Honda Super Cub bergaya scrambler garapan K-Speed

Bagian buritan juga terlihat dipotong dan mengekspos ban belakang. Sedangkan untuk bannya, jelas menggunakan model off road atau bisa juga dual purpose.

Salah satu ciri khas motor scrambler adalah knalpotnya. Leher knalpot bisa ditekuk ke atas hingga bagian silencer tepat berada di bawah jok di samping kanan.

Super Cub 125XFoto: Greatbiker Super Cub 125X

Bisa juga mengikuti gaya knalpot yang dibuat oleh Motocicli Audaci dari Italia yang menempatkan knalpot tidak terlalu tinggi. Uniknya, knalpot dibuat tersembunyi di balik kotak panel di sisi kanan.

Tak lupa, untuk menguatkan kesan off road, di bagian bawah mesin bisa disematkan mud guard. Selain meningkatkan estetika, berfungsi juga untuk melindungi bagian bawah mesin.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.