Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Referensi Modifikasi Honda Super Cub C125, Streetcub atau Scrambler?

Kompas.com - 03/08/2021, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Super Cub C125 memiliki gaya retro modern dengan tampilan yang elegan. Meski demikian, masih banyak pemiliknya yang gatal untuk memodifikasinya.

Modifikasi Super Cub C125 untuk dijadikan motor custom cukup beragam pilihannya. Gaya yang paling banyak diusung adalah streetcub dan scrambler.

Baca juga: Komparasi Honda Super Cub C125 Lama dan Baru, Simak Ubahannya

Salah satu bengkel yang paling rajin menggarap Super Cub C125 adalah K-Speed asal Thailand. Tanadit Sarawek, sang builder, biasa mengaplikasikan kedua gaya tersebut.

Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speedbikeexif.com Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speed

Untuk model streetcub, bagian buritan dipotong dan dibiarkan telanjang tanpa sepatbor. Agar semakin mencolok, bisa juga mengaplikasikan ban belakang yang lebar atau gambot.

Lampu depannya yang tadinya berada di bagian batok, dipindah lebih turun jadi di bagian komstir. Sementara setangnya dibiarkan terbuka. Sepatbor depan juga ditinggalkan.

Baca juga: Alasan Harga Honda Super Cub C125 Bisa Tembus Rp 70 Jutaan

Uniknya, di bagian setang dibuat "steril". Semua kabel-kabel kelistrikan tersimpan rapi di dalam setang. Speedometer bisa dipindahkan ke balik sayap atau tepat di bagian tengah dengan membuatkan bracket baru.

Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speedbikeexif.com Motor custom Honda Super Cub 2018 bergaya street cub garapan K-Speed

Sementara untuk peleknya, bisa menggunakan pelek jari-jari atau pelek monoblok yang menutup seluruh bagian.

Jika ingin mengusung gaya scrambler, area setang juga bisa dibuat terbuka atau telanjang. Sedangkan setangnya, diganti dengan yang lebih lebar, seperti fatbar. Lampu depannya bisa diturunkan jadi tepat berada di atas ban.

Motor custom Honda Super Cub bergaya scrambler garapan K-SpeedPipeburn.com Motor custom Honda Super Cub bergaya scrambler garapan K-Speed

Bagian buritan juga terlihat dipotong dan mengekspos ban belakang. Sedangkan untuk bannya, jelas menggunakan model off road atau bisa juga dual purpose.

Salah satu ciri khas motor scrambler adalah knalpotnya. Leher knalpot bisa ditekuk ke atas hingga bagian silencer tepat berada di bawah jok di samping kanan.

Super Cub 125XFoto: Greatbiker Super Cub 125X

Bisa juga mengikuti gaya knalpot yang dibuat oleh Motocicli Audaci dari Italia yang menempatkan knalpot tidak terlalu tinggi. Uniknya, knalpot dibuat tersembunyi di balik kotak panel di sisi kanan.

Tak lupa, untuk menguatkan kesan off road, di bagian bawah mesin bisa disematkan mud guard. Selain meningkatkan estetika, berfungsi juga untuk melindungi bagian bawah mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com