Kompas.com - 30/07/2021, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki sebuah kendaraan yang mengalami kerusakan berat apalagi sampai harus turun mesin atau overhaul adalah momok bagi setiap pemilik mobil.

Tidak hanya biaya yang mahal, perbaikannya juga bisa memakan waktu lama.

Imam Choiri alias Apre, dari bengkel AP Speed di Bekasi mengatakan, overhaul dilakukan dengan cara membongkar mesin dan memeriksa seluruh komponennya, setelah mendapat data ditentukan langkah perbaikan selanjutnya.

Overhaul pada akhirnya juga dapat mengembalikan perfoma mobil lawas yang mulai loyo. Tak heran, cara ini akan membutuhkan waktu dan biaya.

Baca juga: Triumph Berencana Produksi Motor 250 cc Bergaya Klasik

“Biasanya karena masalah ada di ring piston atau silinder pada blok mesin, bisa juga batang piston, poros engkol, sistem pengabutan dan sebagainnya,” ucap Apre saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Apre melanjutkan, overhaul biasanya dilakukan pada mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun. Namun banyak juga kendaraan yang sudah lima tahun, tapi belum melakukan overhaul.

“Kalau perawatannya rutin dan rajin servis, kondisi mesin akan lebih baik. Biasanya mobil belum butuh overhaul,” kata dia.

Ilustrasi mesin mobil.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi mesin mobil.

Sementara untuk mobil dengan usia di bawah lima tahun, Apre menyarankan untuk melakukan servis ringan, yang mencangkup tune-up, ganti busi, dan filter udara, serta pengecekan beberapa komponen seperti kampas rem, radiator, aki, oli dan sebagainya.

“Kalau untuk mobil usia muda cukup di tune up saja, biayanya sekitar Rp 1 jutaan sampai Rp 2 jutaan,” kata dia.

Baca juga: Pahami Perbedaan Bore Up dan Stroke Up pada Sepeda Motor

Sedangkan, kalau untuk usai mobil yang sudah lebih dari 10 tahun, Apre menyarankan, lebih baik melakukan overhaul, supaya ketahu komponen apa saja yang diganti.

“Untuk biayanya mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 10 jutaan ke atas, tergantung merek mobil dan kerusakan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.