Gaji di Bawah Rp 10 Juta Bisa Kredit Mobil Baru, Begini Hitungannya

Kompas.com - 29/07/2021, 08:42 WIB
Ilustrasi membeli mobil istimewaIlustrasi membeli mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil belakangan telah menjadi kebutuhan tersier banyak orang. Sebab akses mobilitas selama masa pandemi cukup terbatas, mengandalkan kendaraan umum atau sepeda motor terasa tidak cukup.

Dengan mengendarai mobil pribadi, masyarakat merasa lebih aman dan bebas dari penyebaran Covid-19.

Namun, bagaimana hitung-hitungan untuk pekerja fresh graduate yang umumnya baru mulai bekerja dan memiliki gaji di bawah Rp 10 juta?

Baca juga: BMW C 150 Siap Meluncur, Skutik Baru Saingan Nmax dan PCX

Ilustrasi konsumen tengah melakukan transaksi di pameran otomotif.Foto: Dyandra Ilustrasi konsumen tengah melakukan transaksi di pameran otomotif.

Perencana Keuangan OneShildt Financial Planning Budi Raharjo mengatakan, untuk alasan tertentu fresh graduate mungkin saja melakukan kredit mobil baru.

“Tapi sebelum membeli mobil, konsumen harus memperhatikan arus keuangan pribadi,” ujar Budi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebab mobil merupakan aset bergerak yang butuh BBM, biaya perawatan, pajak, dan lainnya,” kata dia.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 30 Jutaan, Mulai Starlet sampai Lancer

Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.DOK. ASTRA DAIHATSU MOTOR Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.

Buat Anda yang memiliki penghasilan di bawah Rp 10 juta, Budi menyarankan untuk membeli mobil baru di kisaran harga Rp 100 jutaan sampai Rp 150 jutaan.

Artinya pilihan berada di segmen LCGC, yang dihuni mobil seperti Calya-Sigra, Agya-Ayla, atau Wagon R, serta Brio Satya.

Menurutnya, ada beberapa alasan kenapa fresh graduate disarankan membeli mobil baru ketimbang mobil bekas.

Baca juga: Segera Masuk Indonesia, Ini Bocoran Harga Nissan Leaf

Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020

“Bunga mobil baru pasti lebih rendah, belum lagi kita bisa dapat diskon dan beragam penawaran menarik lainnya. Selain itu, konsumen juga dibebaskan dari biaya perawatan, karena biasanya masih gratis,” ucap Budi.

“Akan tetapi konsumen harus menyiapkan dana dari tabungan untuk melunasi down payment sekitar 20 persen dari harga mobil baru,” tuturnya.

Sebagai ilustrasi, Toyota Calya tipe 1.2 E M/T yang saat ini dibanderol Rp 147,350 juta. DP terendah yang bisa dimanfaatkan yakni sebesar 20 persen atau sekitar Rp 35,196 juta.

Baca juga: Tak Ada Penyekatan di Tol, Kemenhub Rutin Gelar Pemeriksaan Acak

Ilustrasi kredit mobil pengertian leasing dan leasing adalah.istimewa Ilustrasi kredit mobil pengertian leasing dan leasing adalah.

“Konsumen bisa mencicil selama 60 bulan atau 5 tahun dengan angsuran Rp 3,176 juta per bulan,” kata salah satu pramuniaga Toyota di Depok, Jawa Barat, kepada Kompas.com (28/7/2021).

“Dengan cicilan Rp 3 juta per bulan, artinya gaji pembeli minimal Rp 9 juta per bulan agar mendapat approve dari leasing. Karena besar cicilan maksimal harus 30 persen dari total pendapatan,” ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.