Dorna Sports Kesulitan Cari Pengganti MotoGP Thailand

Kompas.com - 24/07/2021, 13:02 WIB
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019). AFP/LILLIAN SUWANRUMPHAPebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus Covid-19 yang masih tinggi di Thailand menyebabkan MotoGP di sana harus dibatalkan. Dorna Sports pun kesulitan mencari penggantinya agar musim ini tetap berjumlah 19 seri.

Ada beberapa skenario yang mungkin untuk dijalankan. Beberapa di antaranya adalah penyelenggaraan MotoGP di Le Mans, Prancis.

Dikutip dari Speedweek.com, Jumat (23/7/2021), Claude Michy, promotor MotoGP Prancis, sangat tertarik dengan MotoGP Prancis kedua.

Baca juga: Update Jadwal MotoGP 2021, MotoGP Thailand Resmi Batal

Namun, tanggal yang paling memungkinkan adalah 26 September, sebelum balapan di luar Eropa digelar. Sebab, Texas dan Malaysia masih masuk dalam kalender MotoGP 2021.

Sementara itu, jika diadakan pada akhir Oktober atau November, kondisi cuaca di Le Mans kurang mendukung. Temperatur di sana sangat rendah, karena sudah memasuki musim dingin.

Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Michy mengizinkan untuk MotoGP Prancis kedua digelar jika penonton diizinkan untuk datang langsung. Tapi, rencana tersebut sangat diragukan mengingat melonjaknya lagi kasus Covid-19 di Prancis belakangan ini.

Herve Poncharal, Presiden IRTA dan pemilik tim satelit KTM Tech3, mengatakan, dirinya sudah berbicara dengan Michy dan MotoGP Prancis kedua sangat tidak memungkinkan.

"Kejuaraan Dunia ini tidak bisa digelar sebelum akhir September. Saat ini, tidak ada yang bisa mengestimasi bagaimana situasi Covid-19 nantinya dan apakah kehadiran penonton akan diizinkan," ujar Poncharal.

Baca juga: Astra Otoparts Masuk MotoGP, Jadi Sponsor Gresini Racing Musim Depan

Skenario untuk MotoGP Amerika digelar dua kali juga tidak memungkinkan. Sebab, sirkuit yang digunakan sudah penuh jadwalnya untuk sebelum dan sesudah 3 Oktober.

Wacana untuk menggelar MotoGP Inggris dua kali di Silverstone juga ada. Tapi, adanya varian Delta dari virus corona di Britania Raya yang sedang meningkat membuat wacana tersebut diragukan. Meskipun, kondisi di Silverstone saat ini terbilang baik-baik saja.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.