Bukti Pentingnya Pakai Baju Balap yang Berkualitas

Kompas.com - 05/07/2021, 16:41 WIB
Pentingnya menggunakan baju balap atau wearpack yang berkualitas Dok. @motoamericaPentingnya menggunakan baju balap atau wearpack yang berkualitas

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam balap sepeda motor, dibutuhkan baju balap atau wearpack yang berkualitas. Tentunya, untuk mengurangi risiko cedera parah atau bahkan kematian.

Baju balap merupakan salah satu perlengkapan yang memiliki fungsi yang sangat vital, begitu pula dengan helm, sarung tangan, dan sepatu balap.

Baju balap yang dipakai pebalap dibuat dari kulit hewan. Umumnya, kulit sapi atau kulit kangguru yang digunakan. Baju balap harus mampu tahan terhadap abrasi atau gesekan.

Baca juga: Cegah Terbuka Lagi, Baju Balap Fabio Quartararo Pakai Pengaman Ekstra

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @motoamerica, terlihat pebalap yang sedang melaju terjatuh dan terlindas oleh pebalap lain dari belakang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoAmerica (@motoamerica)

Meski demikian, pebalap tersebut mampu bangkit lagi dan berjalan. Walaupun terlihat kesakitan, tapi kakinya tidak mengalami keretakan atau bahkan patah tulang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Galang Hendra Pratama, pebalap Yamaha Indonesia yang saat ini berlaga di ajang World Supersport (WorldSSP), mengatakan, baju balap harus nyaman dan aman.

Baca juga: Dominasi Dua Baju Balap di MotoGP

"Kalau mau beli wearpack harus coba dulu, istilahnya fitting. Ukurannya pas dengan tubuh, dan nyaman. Jangan kebesaran atau kekecilan," ucap Galang saat ditemui beberapa waktu lalu.

Wearpack atau baju balap yang digantung.AHM Wearpack atau baju balap yang digantung.

Baju balap atau jaket terlalu besar tidak akan maksimal melindungi tubuh di dalamnya. Saat jatuh bisa-bisa jaket atau baju balap tidak rusak tapi tubuh di dalam cedera.

Dengan perkembangan teknologi, baju balap sekarang ini tak hanya kuat, tapi juga lentur dan memiliki sirkulasi yang baik. Selain itu, dapat juga disematkan dengan kantung udara atau airbag untuk meningkatkan keamanan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.