Nekat Balapan Liar Sambil Blokade Jalan, Ingat Sanksi Mengancam

Kompas.com - 01/07/2021, 08:42 WIB
Balap liar menutup jalan raya. Foto: Tangkapan layar Balap liar menutup jalan raya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan adegan balapan liar dengan memblokade badan jalan. Video tersebut viral menuai banyak kecaman dari netizen.

Video yang dibagikan akun Instagram Jakarta Keras itu memperlihatkan dua motor balapan ala drag race. Selain menutup badan jalan, balapan ilegal itu juga membuat arus lalu-lintas tersendat.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi, mengatakan, balapan liar di jalan raya apalagi sampai berani melakukan blokade dalam kondisi ramai oleh kendaraan adalah tindakan berbahaya.

Baca juga: The BMW M3 dan M4 Coupe Sapa Orang Kaya Indonesia

"Balap liar dengan cara menutup jalan merupakan pelanggaran perbuatan melawan hukum. Kemudian dari aspek keamanan dan keselamatan sangat membahayakan dan berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas," katanya kepada Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Polisi amankan 29 unit motor dan 44 remaja yang terlibat aksi balap liar di Tuban, Jawa Timur. Minggu (13/6/2021).KOMPAS.COM/Humas Polres Tuban Polisi amankan 29 unit motor dan 44 remaja yang terlibat aksi balap liar di Tuban, Jawa Timur. Minggu (13/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum larangan balapan liar di jalan diatur dalam Undang-Undang Lalu lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ yang mengatur mengenai cara berlalu lintas.

Pada Pasal 105 menyebut:

Setiap orang yang menggunakan jalan wajib:
a. berlaku tertib; dan/atau
b. mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu Lintas dan Angkutan Jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan jalan.

Kemudian pada Pasal 106 ayat 1 disebutkan:

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Baca juga: Viral, Video Motor Balapan Liar di Jakarta

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA KERAS (@jakarta.keras)

 

Kemudian, larangan mengenai balapan di jalan raya tertuang dalam Pasal 115:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.