Selain Jadetabek, Surabaya Juga Terapkan Pembatasan Mobilitas

Kompas.com - 29/06/2021, 10:02 WIB
Pos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANPos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan penyebaran virus corona alias Covid-19, kini berbagai wilayah tengah menerapkan pembatasan sosial, terkhusus pada wilayah perkotaan.

Satu diantaranya ialah, Surabaya sebagai Ibu Kota Jawa Timur yang beberapa waktu lalu masuk zona merah.

Bersama Pemerintah Kota Surabaya dan Satlantas Polrestabes Surabaya , aturan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro diperketat.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Motor Lewat Trotoar Bisa Denda Rp 500.000

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau penyekatan di Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Minggu (6/6/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau penyekatan di Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Minggu (6/6/2021).

Dikatakan Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra, pengetatan ini dilakukan dengan cara menutup dua jalan utama yang kerap terjadi keramaian, yaitu Tunjungan dan Darmo.

"Penutupan setiap hari dan maju dua jam dari sebelumnya menjadi mulai pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB di Senin-Jumat dan 20.00 WIB sampai 08.00 WIB selama akhir pekan" katanya, Senin (28/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Teddy menjelaskan, pemberlakuan aturan ini menyikapi Surat Edaran Mendagri dan SE Walikota Surabaya. Kedua surat itu meminta agar diberlakukannya pembatasan guna menekan kasus Covid-19 yang saat semakin tinggi.

Baca juga: Agar Tak Tertipu, Begini Cara Cek BPKB Asli Saat Beli Mobil Bekas

Sejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Sejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021).

Diketahui, berdasarkan data pada Senin, 28 Juni 2019, tercatat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 20.694 jiwa. Secara akumulasi, totalnya kini ialah 2.135.998 kasus.

Adapun Jawa Timur, menjadi salah satu wilayah yang mengalami lonjakkan tertinggi di Indonesia. Terdapat 1.081 pasien baru pada periode sama, sehingga membuat total kasus Covid-19 sebanyak 170.765 kasus.

Dari jumlah itu, dinyatakan bahwa 12.609 jiwa telah meninggal dunia dan 584 pasien sembuh. Sementara total kasus sembuh sebanyak 150.721 jiwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.