Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Jadetabek, Surabaya Juga Terapkan Pembatasan Mobilitas

Kompas.com - 29/06/2021, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan penyebaran virus corona alias Covid-19, kini berbagai wilayah tengah menerapkan pembatasan sosial, terkhusus pada wilayah perkotaan.

Satu diantaranya ialah, Surabaya sebagai Ibu Kota Jawa Timur yang beberapa waktu lalu masuk zona merah.

Bersama Pemerintah Kota Surabaya dan Satlantas Polrestabes Surabaya , aturan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro diperketat.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Motor Lewat Trotoar Bisa Denda Rp 500.000

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau penyekatan di Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Minggu (6/6/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau penyekatan di Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Minggu (6/6/2021).

Dikatakan Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra, pengetatan ini dilakukan dengan cara menutup dua jalan utama yang kerap terjadi keramaian, yaitu Tunjungan dan Darmo.

"Penutupan setiap hari dan maju dua jam dari sebelumnya menjadi mulai pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB di Senin-Jumat dan 20.00 WIB sampai 08.00 WIB selama akhir pekan" katanya, Senin (28/6/2021).

Lebih lanjut Teddy menjelaskan, pemberlakuan aturan ini menyikapi Surat Edaran Mendagri dan SE Walikota Surabaya. Kedua surat itu meminta agar diberlakukannya pembatasan guna menekan kasus Covid-19 yang saat semakin tinggi.

Baca juga: Agar Tak Tertipu, Begini Cara Cek BPKB Asli Saat Beli Mobil Bekas

Sejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Sejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021).

Diketahui, berdasarkan data pada Senin, 28 Juni 2019, tercatat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 20.694 jiwa. Secara akumulasi, totalnya kini ialah 2.135.998 kasus.

Adapun Jawa Timur, menjadi salah satu wilayah yang mengalami lonjakkan tertinggi di Indonesia. Terdapat 1.081 pasien baru pada periode sama, sehingga membuat total kasus Covid-19 sebanyak 170.765 kasus.

Dari jumlah itu, dinyatakan bahwa 12.609 jiwa telah meninggal dunia dan 584 pasien sembuh. Sementara total kasus sembuh sebanyak 150.721 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com