Sering Muncul Dalam Spesifikasi Mobil, Apa Itu Hp, Nm dan Kgm

Kompas.com - 29/06/2021, 08:22 WIB
Tampilan mesin mobil BMW terbaru yang dipamerkan pada BMW Exhibition di Plaza Senayan Atrium, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020). BMW Indonesia kembali adakan exhibiton selama 3 hari pada 20-22 November, dan memperkenalkan tiga unit BMW terbaru yang dipamerkan, yaitu New BMW M135i xDrive, New BMW M235i xDrive Gran Coupe dan New BMW M2 CS. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGTampilan mesin mobil BMW terbaru yang dipamerkan pada BMW Exhibition di Plaza Senayan Atrium, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020). BMW Indonesia kembali adakan exhibiton selama 3 hari pada 20-22 November, dan memperkenalkan tiga unit BMW terbaru yang dipamerkan, yaitu New BMW M135i xDrive, New BMW M235i xDrive Gran Coupe dan New BMW M2 CS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap melihat spesifikasi mobil, pasti akan disuguhkan dengan berbagai data numerik lengkap dengan satuan berbeda-beda. Paling sering terdengar atau terbaca adalah, Hp, Ps, Nm, dan Kgm.

Jadi, kekuatan torsi mesin pada satu kendaraan, baik mobil atau motor biasanya menggunakan satuan Newtonmeter (Nm) atau Kilogram force-meter (Kgm).

Kemudian, untuk satuan besaran daya atau tenaga dari mesin suatu kendaraan, biasanya mennggunakan Horsepower (daya kuda/hp) atau bisa juga PS (dari bahasa jerman Pferdestarken) dengan artian sama. Kalau di Indonesia kerap juga diterjemahkan jadi tenaga kuda (Tk).

Namun, sebetulnya apa sih maksud kedua kata tersebut?

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, torsi merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi. Sedangkan power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan.

Baca juga: Berburu Hatchback Tahun 90-an Harga di Bawah Rp 50 Juta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila definisi itu terlalu teknis, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) mencoba membuatnya lebih ringan.

“Agar mudah memahaminya, power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil berhenti sampai kendaaran bergerak,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi menyalip.KOMPAS.com / Stanly Ilustrasi menyalip.

Walau memiliki peran masing-masing dalam performa mesin, torsi dan tenaga seperti satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Semakin besar tenaga yang dimiliki oleh sebuah mobil, maka waktu akselerasi untuk mencapai titik maksimum menjadi lebih singkat.

Meski sebenarnya nilai torsi bisa diubah oleh girboks karena didasari juga oleh hitungan gigi rasio. Berbeda dengan tenaga yang benar-benar 100 persen diambil dari kinerja mesin.

Baca juga: Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 Bertahan di Lima Besar Klasemen

Terkait pemilihan mana yang lebih baik, torsi besar atau tenaga besar, Didi menyebutkan, itu tergantung dari kebutuhan berkendara. Namun, rata-rata untuk kendaraan komersial yang cenderung bawa muatan banyak dibutuhkan torsi yang besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X