Kilas Balik 60 Tahun Kiprah Yamaha di Ajang Balap Grand Prix Dunia

Kompas.com - 28/06/2021, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Yamaha merayakan pencapaiannya di dunia balap. Sudah 60 tahun pabrikan Jepang ini mengikuti ajang balap grand prix dunia atau yang sekarang dikenal dengan MotoGP.

Balap motor telah menjadi bagian penting budaya perusahaan Yamaha sejak berdiri pada 1 Juli 1955. Pertama kali motor Yamaha bersaing di lintasan balapan, setelah 10 hari berdiri dengan motor YA-1 yang hadir di perhelatan ketiga Mount Fuji Ascent Race pada 10 Juli 1955.

Dikutip dari Global.yamaha-motor.com, Senin (28/6/2021), meski perusahaan baru berumur 10 hari, tapi ini adalah perwujudan pentingnya balap motor sebagai kesempatan berharga untuk mendemonstrasikan keunggulan produk Yamaha di hadapan publik.

Baca juga: Maverick Vinales dan Yamaha Resmi Bercerai

YA-1 yang baru diluncurkan bisa mendominasi dan meraih kemenangan dalam debut balapan Yamaha itu. Hal ini menjadi langkah awal utama sebagai pabrikan motor.

Terinspirasi petuah presiden pertama Yamaha Motor Genichi Kawakami, yakni “Jika kamu akan melakukannya, cobalah menjadi yang terbaik”.

60 tahun Yamaha di ajang balap grand prix duniaDok. Yamaha Motor 60 tahun Yamaha di ajang balap grand prix dunia

Setelah menjalani debut balapan dunia di Catalina GP di Amerika Serikat tahun 1958, langkah selanjutnya berkompetisi perdana di Road Racing World Championship Grand Prix yaitu di Grand Prix Perancis, Mei 1961.

Dua tahun sesudahnya di 1963, Fumio Ito meraih kemenangan GP pertama untuk Yamaha di Grand Prix Belgia, menggunakan RD56 di kelas 250 cc.

Lalu tahun berikutnya, gelar juara untuk pebalap dan konstruktur diraih Yamaha untuk pertama kalinya lewat Phil Read di kelas 250 cc.

Baca juga: Quartararo Sudah Yakin Menang Bahkan Sebelum Balapan

Di dunia balap, Yamaha juga berkontribusi dalam mengembangkan para pebalap muda.

Selain itu, tentunya pengembangan teknologi juga dilakukan melalui motor balap dan menjadikannya prioritas utama untuk mengambil hasilnya yang bermanfaat bagi model produksi.

60 tahun Yamaha di ajang balap grand prix duniaDok. Yamaha Motor 60 tahun Yamaha di ajang balap grand prix dunia

Pada Februari 2021, Yamaha mengumumkan akan terus bersaing di MotoGP selama lima tahun lagi, 2022–2026. Saat ini, Yamaha sudah berhasil mengoleksi 511 kemenangan di grand prix dunia.

Di kelas MotoGP, sudah ada 116 kemenangan dan kelas 500 cc ada 120 kemenangan. Ditambah lagi kelas 350 cc dengan 63 kemenangan, kelas 250 cc dengan 165 kemenangan, dan kelas 125 cc dengan 47 kemenangan.

Selain itu, sudah diraih juga 38 gelar untuk pebalap, 37 gelar untuk pabrikan, dan 7 gelar untuk tim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.