Kompas.com - 28/06/2021, 06:39 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil bekas merupakan salah satu alternatif  bagi sebagian orang di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang masih belum selesai membuat sebagian masyarakat berhemat karena keadaan ekonomi belum stabil.

Alih-alih membeli mobil baru dengan harga masih cukup mahal, pasar mobil bekas bisa menjadi tujuan untuk memiliki mobil pribadi. Harga yang ditawarkan juga cukup bersaing dan lebih murah dari harga barunya.

Baca juga: Tak Terima Diklakson, Pengemudi Pajero Sport Ngamuk dan Merusak Truk

Bagi anda yang menginginkan mobil keluarga dengan kapsitas hingga tujuh penumpang dan memiliki kabin lega, mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi pilihan tepat. Selain muat banyak orang, perawatannya juga cukup mudah.

Aksesori Nissan Grand Livina Highway Star Autech bisa dibeli terpisah.Febri Ardani Aksesori Nissan Grand Livina Highway Star Autech bisa dibeli terpisah.

Selain itu, kebanyakan mobil jenis MPV memiliki konsumsi bahan bakar yang tidak begitu boros, hal ini akan menghemat anggaran pengeluaran rumah tangga. Mobil jenis MPV juga dapat dikendarai di segala medan karena sudah memiliki ground clearence cukup tinggi.

Tidak hanya itu, mesin tangguh juga disematkan untuk mengangkut banyak penumpang dan dapat menempuh perjalanan jauh dengan nyaman. Ada pilihan mobil dengan mesin bensin dan ada juga diesel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli.

Baca juga: Jajal Kenyamanan Toyota HiAce yang Disulap Jadi Motorhome

Untuk harga MPV baru, saat ini di pasaran Indonesia dibanderol dengan harga Rp 200 jutaan. Adapun beberapa merek dan model mendapat diskon pajak penjualan dari Pemerintah, namun masih dinilai mahal untuk sebagian orang.

Isuzu Panther Royal 1996https://mobil.mitula.co.id/ Isuzu Panther Royal 1996

Di pasar mobil bekas dengan dana Rp 70 jutaan, MPV sudah dapat dibawa pulang meskipun dengan tahun produksi lama. Namun jika pembeli jeli dan teliti, bukan tidak mungkin akan mendapatkan unit yang masih bagus dan terawat.

Baca juga: Karoseri Adiputro Kenalkan Bus Medium Monokok, Futuristik

Pilihan MPV dengan budget Rp 70 jutaan di Semarang masih memiliki banyak varian. Ada berbagai jenis Toyota Kijang, Isuzu Panther, bahkan ada Honda Stream.

Berikut adalah pilihan MPV bekas dengan harga Rp 70 jutaan dilansir dari situs jual beli mobil bekas daring, pada Minggu (27/6/2021).

Toyota Kijang Super tahun 1088 harga Rp 26,5 juta
Toyota Kijang LX tahun 1997 harga Rp 62 juta
Toyota Kijang Super tahun 1992 harga Rp 37 juta
Toyota Kijang Kristal tahun 1999 harga Rp 70 juta
Toyota Kijang Super G tahun 1993 harga Rp 40 juta
Mitsubihsi Kuda tahun 2000 harga Rp 40 juta
Mitsubishi Kuda Grandia tahun 2002 harga Rp 55 juta
Hyandai Trajet tahun 2000 harga Rp 44 juta
Isuzu Panther tahun 1997 harga Rp 49 juta
Isuzu Panther tahun 1995 harga Rp 45 juta
Isuzu Panther Grandroyale tahun 1997 harga Rp 55 juta
Isuzu Panther hi Grade tahun 1998 harga Rp 60 juta
Daihatsu espas tahun 2004 harga Rp 38 juta
Suzuki Carry Futura tahun 2001 harga Rp 38 juta
Kia Carens tahun 2002 harga Rp 48,5 juta
Honda Stream tahun 2004 harga Rp 70 juta
Nissan Grand Livina 1.5 Ultimate bensin tahun 2010 harga Rp 65 juta
Suzuki Aerio tahun 2005 harga Rp 63,5 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.