Gandeng Pabrikan China, MV Agusta Persiapkan Motor 500 cc

Kompas.com - 23/06/2021, 16:01 WIB
MV Agusta dikabarkan akan masuk ke pasar motor sport 500 cc Dok. Cycle WorldMV Agusta dikabarkan akan masuk ke pasar motor sport 500 cc

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pabrikan motor yang biasanya memproduksi motor dengan kapasitas mesin yang besar, mulai melirik segmen yang lebih bawah alias kapasitas mesin yang lebih kecil.

Harley-Davidson dikabarkan menjalin kerja sama dengan pabrikan China untuk memproduksi motor di bawah 500 cc. Namun, hingga sekarang belum terdengar kelanjutan perkembangannya.

Baca juga: MV Agusta F3 Rosso 2021, Merah Menyala

Aprilia juga sudah melakukannya. Belum lama ini, pabrikan asal Italia tersebut merilis RS 125 dan Tuono 125 untuk pasar China.

MV Agusta Superveloce AlpineMV Agusta MV Agusta Superveloce Alpine

Dikutip dari Cycleworld.com, Rabu (23/6/2021), MV Agusta juga dikabarkan tertarik dengan segmen 500 cc. Pabrikan asal Italia ini sudah menandatangani kerja sama dengan pabrikan asal China, yakni Loncin.

Kerja sama ini untuk membuat motor entry level dengan mesin 2-silinder berkapasitas 350 cc hingga 500 cc. Namun, kerja sama tersebut kurang membuahkan hasil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

MV Agusta pun membuat kesepakatan dengan Qianjiang Motorcycles (QJmotor), perusahaan China lainnya yang merupakan induk perusahaan dari Benelli.

Baca juga: MV Agusta Rush 1000 Model 2021 Meluncur, Cuma 300 Unit

Dikabarkan bahwa tim teknis MV Agusta sedang mengerjakan mesin baru dengan kapasitas 550 cc. Mesin tersebut dikembangkan dari basis Benelli 502.

Mesin yang dapat menghasilkan tenaga hingga 48 tk tersebut diyakini cukup kuat dan kompetitif. Dengan begitu, MV Agusta tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk masuk pasar kelas menengah.

Namun, belum diketahui jenis motor apa yang akan dikembangkan nantinya, apakah motor sport full fairing atau naked.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.