Daihatsu Charmant Coupe, Dijejali Mesin Supercharged

Kompas.com - 23/06/2021, 13:21 WIB
Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HC Dok. KustomfestModifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HC

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu mengenai Daihatsu Charmant. Mobil ini memiliki potensi yang tinggi jika sudah dimodifikasi.

Hendro, selaku punggawa bengkel Hendro HC, berhasil memodifikasi total mobil yang menjadi saudara dari Corolla DX ini. Tak hanya eksterior, tapi juga sektor mesinnya ikut dirombak.

Baca juga: Restorasi Mercedes-Benz 280 SEL Milik Ali Sadikin

"Bodinya full custom model coupe. Selain itu, diberi tambahan roll bar untuk menguatkan kesan racy," ujar Hendro, dalam keterangan resminya.

Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HCDok. Kustomfest Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HC

Bodi diubah dari empat pintu menjadi dua pintu. Bagian belakang yang tadinya memiliki bagasi juga menjadi hatchback. Selain itu, Hendro juga melakukan ubahan pada bumper depan dan belakangnya.

"Lampu depan custom pakai punya Toyota Corolla DX tahun 1981 berbentuk kotak kecil. Sementara lampu belakangnya, orisinal Daihatsu Charmant tahun 1984," kata Hendro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Holden Statesman HQ, Restorasi Bergaya Classic Stance

Honda menambahkan, di sektor dapur pacu, mobil ini sudah dijejali dengan mesin 4A-GZE supercharged dengan kapasitas mesin 1.600 cc. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi T50 Levin dari Toyota AE86.

Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HCDok. Kustomfest Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HC

"Dari 4A karburator, diubah 4A-GZE supercharged. Lalu, diubah lagi ke induksi turbo intercooler," ujar Hendro.

Hendro juga melakukan kustomisasi pada bagian intake dari bahan aluminium. Begitu pula dengan pipa front in intercooler. Untuk wiring dan ECU, diserahkan ke Haltech E6x.

Baca juga: VW Barndoor 1952, Restorasi Mobil Super Langka

"Untuk gardan, pakai LSD Mini Pajero final 53, dilengkapi setir Trueno, jok Recaro LX Modular, dan pelek Watanabe OEM ring 15," ujar Hendro.

Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HCDok. Kustomfest Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HC

Daihatsu Charmant diproduksi di Jepang sejak 1974 hingga 1987. Mobil ini dihentikan produksinya pada 1988 dan digantikan dengan Charade Classy.

Jauh sebelum tren produk mobil rebadge, seperti Xenia-Avanza, Terios-Rush, Calya-Sigra, Ayla-Agya, Daihatsu dan Toyota sudah membuat Charmant-Corolla DX.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.