Honda Jepang Hentikan Produksi Odyssey, Gimana Nasibnya di Indonesia

Kompas.com - 19/06/2021, 08:02 WIB
Tampilan Honda Odyssey Facelift honda.co.jpTampilan Honda Odyssey Facelift

JAKARTA, KOMPAS.comHonda telah mematok target untuk menjual hanya kendaraan tanpa emisi pada 2040. Demi mencapai tujuan itu, sejumlah model dengan mesin bakar internal mulai dipangkas.

Menurut laporan Nikkei Asia, Honda memutuskan untuk berhenti memproduksi sedan mewah Legend dan MPV Odyssey, termasuk juga mobil fuel cell Clarity.

Ketiga mobil merupakan produk rakitan pabrik Sayama dekat Tokyo, yang dijadwalkan stop produksi pada penghujung tahun fiskal yang berakhir Maret 2022.

Baca juga: Daihatsu Ungkap Alasan Inden Rocky Lebih Cepat ketimbang Raize

New Honda OdysseyAditya Maulana - Otomania New Honda Odyssey

Bicara soal Odyssey, awalnya MPV ini dijual oleh importir umum. Sampai akhirnya model generasi ketiganya dijual PT Honda Prospect Motor (HPM) sekitar 2005.

Selanjutnya pada 2010, generasi keempat Odyssey kembali diperkenalkan. Kemudian pada 2014, Odyssey generasi kelima masuk ke Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2018, Odyssey sempat mendapat pembaruan minor. Bahkan pada Februari 2021, Odyssey yang baru mendapat penyegaran di Jepang ikut dipasarkan di Tanah air.

Baca juga: Kenapa Daihatsu Rocky 1.2 L Tak Pakai Mesin Sigra?

Ilustrasi Honda Odyssey RB1Dok. Otomotif Group Ilustrasi Honda Odyssey RB1

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menjual Odyssey.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, benar Honda Odyssey adalah salah satu dari beberapa produk yang dihentikan produksinya di Jepang,” ujar Billy, kepada Kompas.com (18/6/2021).

“Sehubungan dengan rencana penutupan pabrik lama Honda di Sayama di akhir tahun ini,” kata dia.

Baca juga: Digugat Konsumen Perkara Mesin Mati Mendadak, Ini Kata BMW

Honda Odyssey Facelift di IndonesiaHONDA PROSPECT MOTOR/HPM Honda Odyssey Facelift di Indonesia

Meski begitu, Billy memastikan konsumen Odyssey di Indonesia tidak perlu khawatir soal ketersediaan spare part, jika suatu saat model ini berhenti dijual.

“Untuk Saat ini, kami masih memasarkan Honda Odyssey di Indonesia dan tetap menjamin ketersediaan parts dan suku cadang untuk model ini,” kata Billy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X