Kompas.com - 18/06/2021, 10:22 WIB
Salahs satu kontestan Kejurnas Speed Off-road 2014, Jeep Wrangler YJ KSNusa. Febri ArdaniSalahs satu kontestan Kejurnas Speed Off-road 2014, Jeep Wrangler YJ KSNusa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara beragam langkah modifikasi, tentu modifikasi pelek dan ban adalah yang paling sering dijumpai.

Seperti contoh beberapa pemilik SUV atau jip, yang mengganti ban standar bawaan pabrik dengan ban pacul atau yang biasa juga disebut ban off-road/Mud-Terrain (M/T), guna menambah kesan gagah dan macho pada tampilan mobil mereka.

Ban M/T sebenarnya dibuat untuk melawan medan yang berlumpur atau off-road. Namun saat ini, sudah banyak orang yang mengganti dengan model M/T hanya demi tampilan semata.

Baca juga: Beli Mobil Baru, Servis Pertama Tidak Boleh Telat

Lantas, bagaimana jika ban M/T digunakan pada kendaraan yang dipakai harian atau di kondisi jalan yang mulus?

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, ban M/T saat ini sudah berkembang dan sudah disesuaikan untuk pemakaian sehari-hari, jadi kurang lebih sama dengan yang biasa.

Mitsubishi Strada Triton Hi-Power melintasi rintangan di trek off-road ringanKompasOtomotif-Aris Harvenda Mitsubishi Strada Triton Hi-Power melintasi rintangan di trek off-road ringan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi seperti ban M/T produk GT Radial, misal Savero MT sangat layak dipakai di jalanan ‘on roads’, karena waktu studi pembuatannya, kami test di jalanan aspal yang bagus (jalan tol). Hasilnya untuk panas tidak masalah, daya cengkramnya pun tetap bagus baik di permukaan kering maupun basah,” ucap Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/6/2021).

Zulpata melanjutkan, suara yang dikeluarkan ban M/T juga sudah tidak terlalu berisik, tidak berbeda jauh dibanding ban All-Terrain (A/T).

Baca juga: Ini Kerugian Bila Pakai Truk ODOL

“Ban M/T yang terbaru sekarang lebih halus noise-nya, hampir sama dengan ban A/T,” kata dia.

Meski begitu, Zulpata menyarankan, sebaiknya menggunakan ban off-road sesuai dengan kebutuhannya saja.

“Menggunakan ban off-road memang sah-sah saja, namun untuk pemakaian sehari-hari dan melewati jalan yang bagus (aspal) tidak perlu ganti ban untuk off-road,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X