Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Ban Off-road Dipakai untuk Mobil Harian

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara beragam langkah modifikasi, tentu modifikasi pelek dan ban adalah yang paling sering dijumpai.

Seperti contoh beberapa pemilik SUV atau jip, yang mengganti ban standar bawaan pabrik dengan ban pacul atau yang biasa juga disebut ban off-road/Mud-Terrain (M/T), guna menambah kesan gagah dan macho pada tampilan mobil mereka.

Ban M/T sebenarnya dibuat untuk melawan medan yang berlumpur atau off-road. Namun saat ini, sudah banyak orang yang mengganti dengan model M/T hanya demi tampilan semata.

Lantas, bagaimana jika ban M/T digunakan pada kendaraan yang dipakai harian atau di kondisi jalan yang mulus?

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, ban M/T saat ini sudah berkembang dan sudah disesuaikan untuk pemakaian sehari-hari, jadi kurang lebih sama dengan yang biasa.

“Jadi seperti ban M/T produk GT Radial, misal Savero MT sangat layak dipakai di jalanan ‘on roads’, karena waktu studi pembuatannya, kami test di jalanan aspal yang bagus (jalan tol). Hasilnya untuk panas tidak masalah, daya cengkramnya pun tetap bagus baik di permukaan kering maupun basah,” ucap Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/6/2021).

Zulpata melanjutkan, suara yang dikeluarkan ban M/T juga sudah tidak terlalu berisik, tidak berbeda jauh dibanding ban All-Terrain (A/T).

“Ban M/T yang terbaru sekarang lebih halus noise-nya, hampir sama dengan ban A/T,” kata dia.

Meski begitu, Zulpata menyarankan, sebaiknya menggunakan ban off-road sesuai dengan kebutuhannya saja.

“Menggunakan ban off-road memang sah-sah saja, namun untuk pemakaian sehari-hari dan melewati jalan yang bagus (aspal) tidak perlu ganti ban untuk off-road,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/18/102200915/bolehkah-ban-off-road-dipakai-untuk-mobil-harian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke