Kompas.com - 13/06/2021, 19:21 WIB
Seorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng). Ari PurnomoSeorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng).
|

SOLO, KOMPAS.com - Power window merupakan suatu komponen elektronik pada mobil yang digunakan untuk menaik turunkan kaca mobil secara otomatis sehingga memudahkan pengemudi. Ada kalanya power window macet sehingga kaca tidak bisa diturunkan atau dinaikkan.

Heru, salah satu pegawai bengkel spesialis pintu mobil Primandiri di Solo, Jawa Tengah mengatakan, ada beberapa komponen yang kemungkinan rusak ketika power window mobil macet.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Semarang, Dapat Starlet sampai BMW

"Kalau power window macet itu bisa macam-macam kerusakaanya, bisa jadi dinamonya, regulator pada kaca juga bisa, bisa juga saklarnya yang rusak. Untuk lebih pastinya harus dibongkar dulu biar tahu masalahnya dimana," kata Heru kepada Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Motor power window.Ghulam/Otomania Motor power window.

Biasanya setiap mobil sudah bisa diketahui penyebabnya berdasarkan merek. Heru menjelaskan, berdasarkan pengalamannya di bengkel spesialis pintu mobil, terkadang mobil tertentu sudah bisa diketahui rusaknya dimana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rata-rata kerusakan pada power window itu di dinamo brostelnya, soalnya itu dinamo brostel ada masa pakainya. Tergantung juga pemakaiannya, kaau sering digunakan bisa juga dayanya berkurang, tapi ada juga yang masuh awet sampai lama," ucap Heru.

Baca juga: Segera Meluncur, Intip Desain All New Honda Civic Hatchback

Hal serupa juga disampaikan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi. Didi menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat power window tidak berfungsi dengan baik.

“Pertama bisa dari rel kaca (run door glass). Sebab, jika ada kotoran atau debu yang tersangkut dalam rel kaca mobil, bisa menghambat kinerja power window dan akhirnya membuat macet” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Extended Module untuk power window agar kaca pntu bisa naik secara otomatis tanpa ditekan lama.Ghulam/Otomania Extended Module untuk power window agar kaca pntu bisa naik secara otomatis tanpa ditekan lama.

Selain kotor, Didi juga mengatkan penyebab lainnya yakni switch atau saklar power window yang sudah rusak. Hal ini doikarenakan kekuatan dari dinamo sudah tidak lagi kuat dan membuat power window macet.

Baca juga: Ini Daftar 10 Mobil Terlaris pada Mei 2021, Xpander Paling Banyak

Terkahir, bisa disebabkan oleh motor penggerak aus. Bagian motor yang sering rusak ada pada brush atau sikat motor.

Sikat tersebut berfungsi menyalurkan listrik dari sumber arus ke rotor motor power window yang beruputar, karena rotor selalu berputar otomatis brush akan selalu bergesekan dengan rotor.

Gesekan tersebut akan membuat brush menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan tidak bisa digerakkan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X