Performa Pebalap Jeblok, Honda Akui RC213V Bermasalah

Kompas.com - 10/06/2021, 09:02 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP) PIERRE-PHILIPPE MARCOUMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Repsol Honda Team pada MotoGP 2021 ini bisa dikatakan jeblok. Honda pun mengakui memang ada masalah yang hingga kini belum bisa diselesaikan.

Pada MotoGP Catalunya 2021, baik Marc Marquez atau Pol Espargaro, tidak ada yang berhasil menyelesaikan balapan karena terjatuh. Menyedihkannya lagi, itu terjadi di Spanyol, setting ketika Repsol dan kedua pebalapnya berstatus tuan rumah.

Pol jatuh pada lap kelima, sedangkan Marquez jatuh pada lap kedelapan. Bahkan, pebalap Honda tercepat saat itu hanya Alex Marquez yang finis di urutan kesebelas.

Baca juga: MotoGP Terlalu Kencang, Marc Marquez Sebut Kecepatan Harus Ada Batasan

Alberto Puig, Manajer Tim Repsol Honda, mengatakan, timnya tentu tidak berharap kedua pebalapnya terjatuh. Hasil itu tidak bagus dan tidak ada lagi yang bisa ditambahkan.

Marc Marquez terjatuh saat memimpin MotoGP Perancis, Minggu (16/5/2021) malam WIB.MOTOGP Marc Marquez terjatuh saat memimpin MotoGP Perancis, Minggu (16/5/2021) malam WIB.

"Jika Anda lihat performanya, tidak ada aspek positif yang bisa ditemukan. Kami hanya bisa bilang bahwa HRC (Honda Racing Corporation) dan tim mendedikasikan dirinya 100 persen untuk mengatasi kesulitan ini dan menemukan serta mengembangkan solusi untuk pebalap kami," ujar Puig, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (9/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Puig menambahkan, satu-satunya hal positif yang didapat dari balapan pada seri sebelumnya adalah kedua pebalapnya yang terjatuh tidak mengalami cedera.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Kondisi Kakaknya yang Menderita

"Honda HRC tidak pernah mencari alasan, begitu pula dengan pebalapnya. Ada masalah, kami harus mengatasinya dan kami sedang bekerja untuk memperbaikinya," kata Puig.

Soal balapan berikutnya pada MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Puig mengaku tidak terlalu memikirkannya. Meskipun, Marquez dikenal sangat kuat di sirkuit yang memiliki banyak tikungan ke kiri tersebut.

Pol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Pol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Untuk saat ini, fokus utama kami adalah memecahkan masalah," ujar Puig, yang tak menutup kemungkinan jika memang bisa tampil kompetitif di sana.

Hasil terbaik Marquez musim ini adalah finis ketujuh, tapi sudah tiga seri terakhir ini selalu terjatuh dan gagal finis. Sedangkan Pol, hasil terbaiknya adalah finis di posisi kedelapan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.