Ini Harga Suzuki XL7 di Yogyakarta Usai Insentif PPnBM 50 Persen

Kompas.com - 08/06/2021, 13:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dengan perubahan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk sejumlah model mobil di Indonesia, harga mobil-mobil tersebut dikerek naik.

Sesuai dengan peraturan yang sudah disahkan, diskon PPnBM sebesar 100 persen hanya berlaku selama 3 bulan pada Maret-Mei 2021.

Memasuki Juni, diskon PPnBM yang diterapkan berkurang jadi 50 persen. Relaksasi PPnBM terbaru ini berlaku hingga bulan Agustus 2021.

Untuk Suzuki, terdapat 2 model mobil yang masuk daftar penerima insentif pajak penjualan tersebut. Salah satu model mobil Suzuki tersebut adalah XL7.

Baca juga: Moge Kena Razia Knalpot Bising, Pemilik Klaim Itu Knalpot Standar

XL7 sendiri merupakan mobil andalan Suzuki untuk meramaikan segmen pasar low sport utility vehicle (LSUV). XL7 bisa masuk dalam daftar penerima insentif PPnBM karena memenuhi syarat kandungan komponen lokal di atas 70 persen dan kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah.

Suzuki XL7 Alpha ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Alpha AT

Menilik mesinnya, XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc dengan 4 silinder 16 katup. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan melalui sistem transmisi matik maupun manual.

Di Yogyakarta, perubahan harga Suzuki XL7 sudah dirilis. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Hasyim selaku Deputi Marketing diler Sumber Baru Mobil Suzuki di bilangan Jalan Magelang.

Baca juga: 8 Motor Honda Diskon Besar Juni 2021, Paling Tinggi Rp 12 Juta

Hasyim menuturkan, meski insentif PPnBM dari pemerintah berkurang jadi 50 persen, masih ada diskon yang diberikan oleh diler untuk XL7.

"Kalau diskon PPnBM itu yang dari pemerintah, dari kami masih ditambah diskon lagi dari diler," ungkap Hasyim saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Suzuki XL7dok. Suzuki Indonesia Suzuki XL7

Lebih detail, diskon dari diler Rp 6 juta untuk XL7 tipe Zeta dan Beta baik transmisi manual maupun matik.

Sementara untuk XL7 tipe Alpha, diskon dilernya senilai Rp 4 juta baik transmisi manual maupun matik.

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Lama Harus Buka Sedikit Kaca Jendela?

Lebih detail, berikut harga nett Suzuki XL7 untuk wilayah Yogyakarta usai perubahan insentif PPnBM dan kalkulasi diskon tambahan dari diler per Juni 2021.

  • XL7 Zeta M/T harga Rp 232,8 juta
  • XL7 Zeta A/T harga Rp 242,8 juta
  • XL7 Beta M/T harga Rp 248,7 juta
  • XL7 Beta A/T harga Rp 258,9 juta
  • XL7 Alpha M/T harga Rp 260,7 juta
  • XL7 Alpha A/T harga Rp 270,8 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.